Pembelajaran matematika yang bernuansa interaktif dan sesuai dengan kompetensi pedagogik perlu diterapkan untuk menciptakan peserta didik agar berprestasi dan memiliki kemampuan matematis yang sistematis, luwes, dan logis. Namun, penalaran matematis siswa masih rendah dan masih adanya paradigma siswa bahwa matematika itu sulit. Untuk mengatasi kesulitan siswa dengan menggunakan bahan ajar ETICA…
Buku VBA for Microsoft Excel dalam Media Interaktif Matematika disusun untuk para pendidik, guru, mahasiswa, siswa, maupun masuarakat umum yang memiliki keterampilan dalam menggunakan ICT, terutama Microsoft Excel agar dapat membuat alat peraga untuk pembelajaran Matematika dengan menggunakan Fitur Visual Basic Application (VBA) pada Microsofot Excel. Alat peraga matematika dapat membantu siswa…
Research studied for examine differences in habits of mind students’ candidate teacher between the learners use metacognitive approach with usually approach. Method in this research was a quasi-experiment , because existence manipulation treatment in the form of gift metacognitive approach. Population in research is all students candidate teacher at IKIP Siliwangi , while the sample s…
The ability to solve problems is one of the cognitive abilities in mathematics that need to be mastered by students. In supporting mastery to solve problems, it is necessary to have the motivation to learn for students. This study aims to determine the relationship between learning motivation to students' mathematical problem-solving. The research method used is the correlation method with a qu…
Penelitian tindakan kelas ini ditujukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI melalui implementasi metode problem-based learning berbantuan ICT. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 1 SMKN 11 Bandung yang melibatkan 24 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I – III dengan masing – masing 2 pertemuan. I…
Masih rendahnya berpikir kreatif siswa SMP dan masih kurangnya penggunaan media belajar berbasis ICT merupakan masalah dalam penelitian ini . Adapun penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran saintifik dengan bantuan VBA Excel dalam berpikir kreatif siswa. Metode eksperimen merupak metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan desain Non Equivalent Control Gr…
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektivitas menggunakan pendekatan induktif deduktif berbantuan Geogebra terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas, yaitu kelas XI IPA 5 dan…
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan deduktif induktif berbantuan geogebra yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampaun berpikir kreatif siswa. Metode penelitain ini adalah metode pengembangan. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Siswa (LK…
Tujuan pada penelitian ini ialah mengembangkan modul geometri analitik berbasis REACT berbantuan geogebra yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.untuk mahasiswa IKIP Siliwangi. Adapun model yang digunakan dalam pengembangaan yaitu model 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Subjek penelitian ini mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2020 berjumlah 18 orang. Alat …
Tujuan pada penelitian ini untuk menelaah keefektifan penerapan strategi REACT berbantuan Geogebra untuk meningkatkan berpikir kritis mahasiswa. Metode eksperimen merupakan metode yang dipilih dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi Bandung, sedangkan sampelnya adalah mahsiswa Angkatan 2020 Prodi Pendidikan Matematika s…