Matematika merupakan ilmu yang terstruktur, dimana pada setiap materinya saling berkaitan. Oleh sebab itu dalam pembelajaran matematika diperlukan kemampuan koneksi matematis untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep materi yang dipelajari. Namun fakta dilapangan menyatakan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa SMK di Kota Cimahi masih belum memuaskan, terutama dalam materi Trigo…
Berdasarkan hasil penelitian, analisis data, dan pembahasan dapat di simpulkan; 1. proses pengembangan bahan ajar sesuai dengan metode penelitian 2. kelayakan lembar kerja peserta didik dilihat dari hasil penelitian di kategorikan sangat layak digunakan 3. efektifitas lembar kerja diperoleh hasil rata-rata dengan kriteria sangat efektif
1. Proses pengembangan bahan ajar berupa LKPD terdiri dari 10 tahaga 2. kelayakan bahan ajar berupa LKPD termasuk dalam kriteria sanagt layak 3. Efektifitas bahan ajar meraih skor rata-rata 73% dengan kriteria efektif 4. Kendalam yang ditemui pada saat implementasi yaitu waktu belajar dikelas yang terbatas.
1. Proses pengembangan bahan ajar telah sesuai dengan prosedur penelitian pengembangan borg and gall 2. Respon siswa terhadap bahan ajar memiliki respon positif 3. Bahan ajar tersebut efektif untuk digunakan
Penelitian yang dilakukan berhasil meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan mathematical HOM dengan bahan media construct 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar berupa LKPD pada materi perbandingan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan canva yang dapat digunakan guru untuk mendukung proses belajar mengajar.
LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dan dan kendala yang dialami siswa sulit memahami konsep dan sulit memperhatikan peneliti dalam menyampaikan materi.
Berdasarkan hasil validasi para ahli menunjukan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan. Berdasarkan angket respon LKPD dinyatakan sangat praktis. LKPD yang dikembangkan cukup efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah MTs kelas VIII