Jurnal
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN DEDUKTIF INDUKTIF BERBANTUAN GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MASA PANDEMI
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan deduktif
induktif berbantuan geogebra yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampaun berpikir
kreatif siswa. Metode penelitain ini adalah metode pengembangan. Penelitian ini mengembangkan
perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja
Siswa (LKS) dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu fase investigasi
awal, fase pengembangan dan fase evaluasi. Teknik pengolahan data terdiri dari analisis kevalidan
dengan menggunakan lembar validasi, teknik analisis kepraktisan menggunakan angket dari siswa dan
guru dan yang terakhir analisis keefektifan dengan menggunakan soal mengenai kemampuan berpikir
kreatif matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi perangkat pembelajaran
menunjukkan perangkat pembelajaran layak digunakan dengan kategori sangat valid, sedangkan hasil
uji coba menunjukkan bahwa perangkat perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat praktis dan
sangat efektif.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain