Jurnal
EFEKTIVITAS PENDEKATAN INDUKTIF DEDUKTIF BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MASA PANDEMI
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektivitas menggunakan pendekatan induktif deduktif
berbantuan Geogebra terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batujajar, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas, yaitu kelas XI IPA 5 dan
XI IPA 2 yang banyaknya 68 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah seperangkat
tes kemampuan berpikir kreatif yang berbentuk soal uraian sebanyak 4 soal. Soal tersebut sudah
memenuhi soal yang baik berdasarkan validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Teknik
analisis data yang digunakan pada penelitian ini antara lain analisis deskriptif dan analisis inferensial
meliputi uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-test (Independent Samples T-test) atau uji
Mann-Whitney. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS 18 diperoleh hasil bahwa pendekatan
induktif deduktif berbantuan Geogebra dengan pendekatan biasa memiliki nilai sign. sebesar 0,000,
karena nilai sign. < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan induktif
deduktif berbantuan Geogebra lebih efektif dibandingkan pendekatan biasa ditinjau dari kemampuan
berpikir matematis siswa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain