Jurnal
IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMK
Penelitian tindakan kelas ini ditujukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman
matematis siswa kelas XI melalui implementasi metode problem-based learning berbantuan ICT.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 1 SMKN 11 Bandung yang melibatkan 24
siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I – III dengan masing – masing 2
pertemuan. Instrumen pengumpulan data adalah hasil LKPD 1-3. Teknik penyajian data menggunakan
tabel deskriptif berupa rata – rata dan presentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
implementasi model Problem-Based Learning berbantuan ICT dapat meningkatkan kemampuan
pemahaman matematis siswa. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar siklus I rata – rata
nilai 68 dengan presentase 54%, siklus II dengan rata – rata nilai 80 dan presentase 75%, diikuti oleh
siklus III rata – rata nilai 81 dengan presentase 79%.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain