Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X terhadap materi perbandingan trigonometri di berbagai kuadran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar, kelayakan bahan ajar yang dikembangkan, efektivitas bahan ajar yang dikembangkan, dan kendala-kendala yang ditemui pada saat pengembangan bahan ajar …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar berupa e-modul berbasis pendekatan kontekstual yang dapat digunakan guru untuk mendukung proses belajar mengajar
LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dan dan kendala yang dialami siswa sulit memahami konsep dan sulit memperhatikan peneliti dalam menyampaikan materi.
Siswa dan siswi bisa menulis puisi rakyat dengan baik dan benar setelah menggunakan pendekatan kontekstual
hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa.
This research was conducted in class V SDN Ekaprasetia which aims to improve student learning outcomes which include the cognitive, affective and psychomotor domains on Sub-theme 1 Animal Movement Organs using a contextual approach. The condition of students who still do not understand the concept of the material being taught to achieve cognitive, affective and psychomotor learning outc…