Text
Pengembangan Bahan Ajar Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbasis Permasalahan Berbantuan Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis
matematis siswa kelas X terhadap materi perbandingan trigonometri di berbagai
kuadran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan
bahan ajar, kelayakan bahan ajar yang dikembangkan, efektivitas bahan ajar yang
dikembangkan, dan kendala-kendala yang ditemui pada saat pengembangan bahan
ajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis permasalahan
berbantuan Quizizz untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis
siswa kelas X pada materi perbandingan trigonometri di berbagai kuadran. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D)
dengan instrumen tes dan non tes, dimana data tersebut diolah dengan
menggunakan Microsoft Excel dan IBM SPSS 22. Subjek dalam penelitian ini
terbagi menjadi 2, dimana pada uji coba terbatas terdapat 11 peserta didik kelas XI
dan pada uji coba luas terdapat 33 peserta didik kelas X. Hasil yang diperoleh pada
proses pengembangan bahan ajar sudah sesuai dengan tahap pengembangan Borg
and Gall yang dimodifikasi menjadi 9 tahapan. Hasil kelayakan bahan ajar yang
dikembangkan pada uji validitas dengan kategori “Valid”. Sedangkan hasil uji
praktikalitas pada uji coba terbatas dengan kategori “Praktis” dan hasil pada uji
coba luas dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji kelayakan dan kevalidan
menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan. Sedangkan
kendala-kendala yang ditemui peneliti pada penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan peneliti dalam menyesuaikan pendekatan, model dan metode
pembelajaran dengan karakteristik siswa dan materi pembelajaran pada saat
pertemuan tatap muka.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis
Matematis,Quizizz, Perbandingan Trigonometri di Berbagai Kuadran
B001749 | 510 NOP p | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi (510) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain