YUYUN YULIANA, 22810014 (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN DAN KREATIVITAS BERBAHASA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (99kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (237kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (76kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of DAFATAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFATAR ISI.pdf
Download (161kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (204kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (276kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN TESIS YUYUN YULIANA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model cooperative
learning tipe scramble berbantuan media kartu untuk meningkatkan keterampilan
menulis pantun dan kreativitas berbahasa siswa SD Negeri 2 Depok. Penelitian ini
menggunakan pendekatan metode metode campuran - exploratory sequential.
Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa. Data hasil belajar menulis pantun
dikumpulkan dari hasil nilai tahun ajaran 2023/2024 dan tahun ajaran 2024/2025.
Ringkasan hasil statistik deskriptif dari kedua sampel yang diteliti yakni nilai tahun
lalu dan nilai tahun sekarang. Untuk nilai tahun lalu diperoleh rata-rata hasil belajar
sebesar 62,79. Sedangkan untuk nilai tahun sekarang diperoleh nilai rata-rata hasil
belajar sebesar 83,96. Karena nilai rata-rata hasil belajar pada nilai tahun lalu 62,79
< nilai tahun sekarang 83,96, maka itu artinya secara deskriftif ada perbedaan rata
rata hasil belajar antara nilai tahun lalu dengan hasil nilai tahun sekarang. Hasil uji
korelasi atau hubungan antara kedua data atau hubungan variabel nilai tahun lalu
dengan variabel nilai tahun sekarang, diketahui nilai koefisien korelasi sebesar
0,809 dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000. < probalitas 0,05, maka dapat
dikatakan bahwa terdapat hubungan antara variabel nilai tahun lalu dengan variabel
nilai tahun sekarang. diketahui Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,005, maka
Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata
rata antara hasil belajar tahun lalu dengan tahun sekarang yang artinya ada pengaruh
penerapan model Cooperative Learning tipe Scramble berbantuan media kartu
untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun dan kreativitas berbahasa siswa
SD Negeri 2 Depok.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mixed methods, cooperative learning, menulis pantun |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 04:05 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 04:05 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/89 |