PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DAN EFIKASI DIRI SISWA SEKOLAH DASAR

LESTARI PURWANINGSIH, 22810023 (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DAN EFIKASI DIRI SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini
adalah kurangnya keterampilan menulis Teks Eksplanasi dan efikasi diri siswa
sekolah dasar disebabkan oleh penggunaan media belajar dan model pembelajaran
yang terkesan biasa dan kurang menarik perhatian siswa serta kurangnya membaca
sehingga berdampak pada keterampilan menulisnya. Rumusan masalah pada
penelitian ini adalah 1) bagaimana proses penerapan Model Problem Based
Learning berbantuan YouTube untuk meningkatkan keterampilan menulis Teks
Eksplanasi dan Efikasi diri siswa sekolah dasar? 2) Apa saja kendala yang dihadapi
guru dan siswa dalam penerapan model ini? 3) Apakah penerapan Model Problem
Based Learning berbantuan YouTube efektif dalam meningkatkan keterampilan
menulis dan efikasi diri siswa, dilihat dari hasil belajar dan peningkatan
keterampilan siswa? Metode penelitian yang digunakan, yaitu Metode Campuran
(Mixed Method) dengan desain penelitian The Exploratory Sequential Design.
Desain penelitian ini diawali dengan pengumpulan data kualitatif kemudian
dilanjutkan dengan pengumpulan data kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas 6 SD Negeri Cipaku 2, Kota Bogor tahun pelajaran 2023/2024 yang
berjumlah 32 orang terdiri dari 15 orang perempuan dan 17 orang laki–laki.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa siswa menunjukkan
peningkatan efikasi diri, 59% berada pada kategori baik, 34% efikasi diri cukup,
dan 7% efikasi diri kurang. Selain itu, terdapat hasil yang menunjukkan bahwa
sebagian besar siswa mempunyai peningkatan keterampilan menulis baik, 66%
termasuk dalam kategori baik, 31% memiliki keterampilan menulis cukup, dan
hanya 1% yang memiliki keterampilan menulis kurang. Sebanyak 78% siswa telah
dinyatakan tuntas, sedangkan 22% belum tuntas dalam menulis Teks Eksplanasi.
Hal ini menunjukan bahwa penerapan Model Problem Based Learning berbantuan
YouTube dapat mempengaruhi siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis
Teks Eksplanasi dan efikasi diri dan di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, You Tube, Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi, Efikasi Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:18
Last Modified: 04 Jun 2025 03:18
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item
View Item