MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN WINDOW SHOPPING UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMA

Andi Rahman, - (2024) MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN WINDOW SHOPPING UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMA. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER_ANDI RAHMAN_22102015.pdf] Text
1. COVER_ANDI RAHMAN_22102015.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN_ANDI RAHMAN_22102015.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN_ANDI RAHMAN_22102015.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN_ANDI RAHMAN_22102015.pdf] Text
3. PERNYATAAN_ANDI RAHMAN_22102015.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK_ANDI RAHMAN-22102015.pdf] Text
4. ABSTRAK_ANDI RAHMAN-22102015.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR_ANDI RAHMAN_22102015.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR_ANDI RAHMAN_22102015.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI_ANDI RAHMAN_22102015.pdf] Text
6. DAFTAR ISI_ANDI RAHMAN_22102015.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of BAB I_ANDI RAHMAN_22102015.pdf] Text
BAB I_ANDI RAHMAN_22102015.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of BAB II_ANDI RAHMAN_22102015.pdf] Text
BAB II_ANDI RAHMAN_22102015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of BAB III_ANDI RAHMAN_22102015.pdf] Text
BAB III_ANDI RAHMAN_22102015.pdf

Download (828kB)
[thumbnail of BAB IV_ANDI RAHMAN_22102015.pdf] Text
BAB IV_ANDI RAHMAN_22102015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V_ANDI RAHMAN_22102015.pdf] Text
BAB V_ANDI RAHMAN_22102015.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_ANDI RAHMAN_22102015.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_ANDI RAHMAN_22102015.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of LAMPIRAN A_Andi Rahman_22102015.pdf] Text
LAMPIRAN A_Andi Rahman_22102015.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of LAMPIRAN B_Andi Rahman_22102015.pdf] Text
LAMPIRAN B_Andi Rahman_22102015.pdf

Download (827kB)
[thumbnail of LAMPIRAN C_Andi Rahman_22102015.pdf] Text
LAMPIRAN C_Andi Rahman_22102015.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of LAMPIRAN D_Andi Rahman_22102015.pdf] Text
LAMPIRAN D_Andi Rahman_22102015.pdf

Download (817kB)
[thumbnail of LAMPIRAN E_Andi Rahman_22102015.pdf] Text
LAMPIRAN E_Andi Rahman_22102015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk mengatehui pencapaian dan peningkatan kemampuan
komunikasi matematik dan self regulated learning siswa melalui model discovery
learning dengan pendekatan window shopping. Rendahnya kemampuan komunikasi
matematik siswa dalam pembelajaran matematika membuat siswa kurang aktif dalam
belajar dan kemandirian belajar mereka menjadi turun. Hal tersebut perlu dilakaukan
sebuah penelitian supaya pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenakgan bagi siswa
serta kemampuan komunikasi matematik dan self regulated learning siswa meningkat.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah jenis penelitian mix methode tipe
sequential explanatory dengan subjek penelitian yang berasal dari kelas XII di salah satu
SMA Negeri di kota Bandung. Instrumen tes penelitian ini adalah berupa tes dan non tes
yang akan di dianalisis untuk membandingakan hasil pembelajaran antara kelas
eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil Penelitian adalah peningkatan kemampuan
komunikasi matematik siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol
di mana rata-rata kemampuan komunikasi kelas eksperimen 81,74 dan kelas kontrol
77,31. Terdapat hubungan yang kuat antara kemampuan komunikasi matematik dan self
regulated learning siswa kelas eksperimen sebesar 0,824. Efektivitas pembelajaran di
kelas eksperimen menujukkan lebih aktif dan mandiri ditunjukkan dengan adanya
interaksi dan kreatifitas siswa dalam menyajikan materi pembelajaran di masing-masing
kelompok, dan 84% siswa merespon positif dalam pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:14
Last Modified: 03 Jun 2025 08:14
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item
View Item