PEMBELAJARAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN CIBODAS

Cucu Yuliana, 17060143 (2024) PEMBELAJARAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN CIBODAS. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk mengingkatkan kemampuan pemahaman konsep Matematika siswa kelas III sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini
menggunakan Quasi Eksperimen yaitu dengan membandingkan du akelas yang dipilih secara tidak acak, dimana peneliti menerima keadaan siswa apa adanya kemudian diberikan perlakuan pada pembelajarannya. Untuk kelas kontrol
menggunakan pendekatan saintifik sedangkan kelas eksperimen menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN Cibodas, sedangkan untuk sampel pada penelitian
ini siswa masing-masing kelas III yang berjumlah 36 orang. Pada penelitian ini menggunakan instrumen tes, lembar angket, lembar observasi dan wawancara. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu implementasi model pembelajaran sesuai
dengan sintaks pada pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa III sekolah dasar pada kelas kontrol memperoleh nilai pretes 20,72 dan postes 30,00 sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai pretes 23,27 dan postes 33,00. Serta skor observasi
guru yang diperoleh pada pendekatan saintifik 81% dengan interpretasi sangat tinggi dan pada kelas eksperimen 92% dengan interpretasi sangat tinggi. Untuk hasil observasi siswa kelas kontrol mendapat skor 78% interpretasi tinggi, kelas eksperimen mendapat skor 89% dengan interpretasi sangat tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning
(CTL) sangat efektif digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep, Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 05 Jul 2025 04:03
Last Modified: 05 Jul 2025 04:03
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item
View Item