Siti Mariam Nurjanah, - and Wahyu Setiawan, - and Ratna Sariningsih, - (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIK SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PERAGA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6 (1). pp. 411-422. ISSN ISSN 2614-221X (print) ISSN 2614-2155 (online)
![[thumbnail of Artikel 5.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Artikel 5.pdf
Download (544kB)
![[thumbnail of Hasil Cek Plagiat 5.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hasil Cek Plagiat 5.pdf
Download (612kB)
Abstrak
Dengan bantuan media alat peraga, penelitian ini bermaksud untuk menunjukan
bagaimana hasil belajar matematika di kalangan siswa telah meningkat. Sub
materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengenai irisan dan gabungan.
Papapn diagram venn adalah media alat peraga yang digunakan dalam penelitian
ini. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan di salah satu SMP di Kabupaten Purwakarta dengan melibatkan 20
orang siswa kelas VII sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes tertulis (ulangan
harian) berupa soal uraian sebanyak 8 butir. Pengolahan data dari hasil tes
tertulis pada penelitian ini yaitu menggunakan rumus presentase. Berdasarkan
analisis data hasil belajar matematika siswa yaitu a) Pada siklus I ada 6 siswa
(30%) yang tuntas dan 14 siswa (70%) yang tidak tuntas, b) Pada siklus II
terdapat 12 siswa (60%) yang tuntas dan 8 siswa (40%) yang tidak tuntas.
Sehingga berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini dapat
dilihat bahwa pembelajaran dengan menggunakan media alat peraga dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes;Props |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | IKIPEDIA |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:08 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:08 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/316 |