PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI DI RA NURUL ANSOR

SANTIKA FAUZIYYAH, 20070027 (2024) PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI DI RA NURUL ANSOR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (850kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kemapuan berpikir simbolik dalam konteks pendidikan anak usia dini memegang
peranan krusial. Kemampuan ini mengacu pada proses di mana anak-anak belajar
untuk menggunakan simbol, seperti kata-kata, angka, gambar, atau objek, untuk
mewakili sesuatu yang lain. Upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir
simbolik sesuai dengan tahapan usia perkembangannya diperlukan media yang
sesuai dan menarik bagi anak satunya media video animasi sesuai dengan era 4.0.
Maka media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu video animasi. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan, pengaruh, proses pembelajaran serta
kendala penggunaan media video animasi dalam meningakatkan kemampuan
berpikir simbolik pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah
Mix Methode dengan desain penelitian Sequential Explanatory Design. Subjek
penelitian adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun. Pada penelitian ini data dibagi
menjadi dua yaitu data kuantitatif melalui teknik pengumpulan data pretest dan
posttest dengan statistika inferensial menggunakan SPSS. Selanjutnya data
kualitatif diperoleh melalui teknik pengumpulan hasil observasi, wawancara
dengan menggunakan analisis tematik. Setelah dilakukan analisis hasil data
diperoleh hasil kuantitatif dinyatakan dalam hasil uji T dengan signifikansi 0.000
bahwa Ha diterima karena terdapat perdedaan yang signifikan pada peningkatan
kemampuan berpikir simbolik setelah menggunakan media video animsi,
sementara hasil data kualitatif menunjukkan bahwa media video animasi dapat
digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini 4-5 Tahun, Media Video Animasi, Berpikir Simbolik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 08:05
Last Modified: 13 Jun 2025 08:07
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item
View Item