EVA NOOR FARIDA, 20070121 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK (KELOMPOK B) MELALUI METODE BERNYANYI DI KOBER HASBI MADARIKUL HAQ. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER EVA NOOR FARIDA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER EVA NOOR FARIDA.pdf
Download (30kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN EVA NOOR FARIDA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN EVA NOOR FARIDA.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of ABSTRAK EVA NOOR FARIDA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK EVA NOOR FARIDA.pdf
Download (9kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR EVA NOOR FARIDA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR EVA NOOR FARIDA.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI EVA NOOR FARIDA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI EVA NOOR FARIDA.pdf
Download (149kB)
![[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN EVA NOOR FARIDA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I PENDAHULUAN EVA NOOR FARIDA.pdf
Download (348kB)
![[thumbnail of BAB II KAJIAN TEORI EVA NOOR FARIDA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II KAJIAN TEORI EVA NOOR FARIDA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (507kB)
![[thumbnail of BAB II KAJIAN TEORI EVA NOOR FARIDA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II KAJIAN TEORI EVA NOOR FARIDA.pdf
Download (507kB)
![[thumbnail of BAB III METODE PENELITIAN EVA NOOR FARIDA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III METODE PENELITIAN EVA NOOR FARIDA.pdf
Download (489kB)
![[thumbnail of BAB IV PEMBAHASAN EVA NOOR FARIDA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV PEMBAHASAN EVA NOOR FARIDA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (465kB)
![[thumbnail of BAB V KESIMPULAN EVA NOOR FARIDA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V KESIMPULAN EVA NOOR FARIDA.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA EVA NOOR FARIDA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA EVA NOOR FARIDA.pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN EVA NOOR FARIDA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN EVA NOOR FARIDA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (825kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan bahasa anak di Kober
Hasbi Madarikul Haq, hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang
dilaksanakan masih berpusat pada guru atau teacher center sehingga anak kurang
terlibat secara aktif, sehingga pelafalan pada artikulasi anak sangat rendah jika dilihat
sesuai dengan usianya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menstimulus dengan
menggunakan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak.
Metode penelitian yang digunakan adalah mix methode dengan Explanatory Design.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui; 1) Efektivitas penggunaan metode
bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak, 2) Proses penerapan metode
bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak, dan 3) Kendala apa yang
dihadapi oleh guru dan anak dalam meningkatkan kemampuan bahasa melalui metode
bernyanyi. Tahap pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan data kuantitatif
kemudian mengumpulkan data kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 10
anak kelompok B, terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan di Kober Hasbi
Madarikul Haq. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Efektivitas penggunaan
metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak memperoleh jumlah
dari 10 responden adalah 152 dengan rata-rata 38 termasuk kedalam tahapan
Berkembang Sangat Baik (BSB). 2) Proses penerapan metode bernyanyi dalam
meningkatkan kemampuan bahasa anak, dilakukan selama delapan kali pertemuan,
dari 10 responden dengan jumlah skor 152 dengan persentase 38%. 3) Kendala apa
yang dihadapi oleh guru yaitu kesulitan menciptakan suasana yang kondusif untuk
memulai proses pembiasaan metode bernyanyi, sedangkan kendala yang dihadapi
anak yaitu beberapa anak kesulitan mengikuti dan melaksanakan kegiatan bernyanyi
sesuai instruksi guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bernyanyi, Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 08:22 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 08:22 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/168 |