PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Irfan Taufik Nurdin, 22102009 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 3. Lembar Pernyataan.pdf] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (718kB)
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf] Text
4. Abstrak.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 5. Kata Pengantar.pdf] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 6. Daftar Isi.pdf] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of Lampiran-Lampiran.pdf] Text
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2016 bahwa
salah satu keterampilan berpikir yang harus dimiliki siswa adalah berpikir kritis dan
aspek afektif yang berpengaruh juga harus diperhatikan antara lain adalah
kepercayaan diri. Dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan Self
Confidence yang masih rendah, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat
merangsang tumbuhnya kemampuan berpikir kritis dan mengembangkan Self
Confidence siswa. Salah satu model pembelajarannya yang dapat memenuhi dua
kebutuhan tersebut adalah model Problem Based Learning (PBL). Tujuan
penelitian ini adalah untuk menelaah : 1. Apakah peningkatan kemampuan berpikir
kritis matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBL berbantuan
GeoGebra lebih baik daripada pembelajaran biasa (konvensional); 2. Apakah Self
Confidence siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBL berbantuan
GeoGebra lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa (konvensional); 3.
Bagaimana implementasi (penerapan) pembelajaran pada pembelajaran
matematika menggunakan model PBL berbantuan GeoGebra?; 4. Bagaimana
respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan PBL berbantuan
GeoGebra; 5. Bagaimana sikap siswa terhadap Self-Confidence; 6. Bagaimana
kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal berpikir kritis. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methods dengan desain
The Sequential Explanatory. Analisis pengolahan data dilakukan secara kuantitatif
dan kualitatif. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 2 (dua) kelas yaitu kelas
eksperimen dan kelas control dengan jumlah siswa masing-masing sebanyak 21
orang. Instrument penelitian berupa test dan non test yang terdiri dari wawancara,
observasi, studi dokumentasi, dan pemberian angket/kuesioner. Hasil penelitian ini
adalah : 1. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya
menggunakan PBL berbantuan GeoGebra lebih baik daripada pembelajaran biasa;
2. Self-Confidence siswa yang pembelajarannya menggunakan PBL berbantuan
GeoGebra lebih baik daripada pembelajaran biasa. Penerapan (implementasi)
pembelajaran matematika menggunakan model PBL berbantuan GeoGebra dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan Self-Confidence siswa lebih baik
dibandingkan pembelajaran biasa; 3. Penerapan (implementasi) pembelajaran
menggunakan model PBL berbantuan GeoGebra sudah berjalan sesuai dengan
langkah-langkah yang telah ditentukan dan dapat meningkatkan kemampuan
berpikir kritis; 4. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran matematika berbantuan
GeoGebra menggunakan model PBL tergolong “Baik”; 5. Respon siswa terhadap
Self-Confidence pada kelas yang menggunakan PBL berbantuan GeoGebra lebih
kuat dari pada pembelajaran biasa walaupun perbedaannya sangat kecil dan berada
pada kategori yang sama yaitu kategori kuat; 6. Kelas yang menggunakan PBL
berbantuan GeoGebra tidak mengalami kesulitan untuk setiap indicator
kemampuan berpikir kritis sedangkan kelas yang menggunakan pembelajaran biasa
mengalami kesulitan dalam setiap indikator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Self-Confidence, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 05 Jun 2025 08:27
Last Modified: 05 Jun 2025 08:27
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item
View Item