Euis Nur Komariah, 22102031 (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMK. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of cover tesis eusi.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover tesis eusi.pdf
Download (81kB)
![[thumbnail of lembar pengesahan tesis.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
lembar pengesahan tesis.pdf
Download (614kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (53kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (74kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI dan daftar tabel .pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI dan daftar tabel .pdf
Download (50kB)
![[thumbnail of bab 1 baru.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 1 baru.pdf
Download (108kB)
![[thumbnail of bab 2 baru .pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 2 baru .pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
![[thumbnail of bab 3 baru .pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 3 baru .pdf
Download (331kB)
![[thumbnail of bab 4 baru .pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 4 baru .pdf
Restricted to Registered users only
Download (596kB)
![[thumbnail of bab 5 baru.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 5 baru.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (141kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan masih rendahnya kemampuan
pemahaman matematik dan kemandirian belajar siswa. Oleh karena itu sebagai
solusinya dipilih model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan
pemahaman matematik dan kemandirian belajar menggunakan model pembelajaran
Problem-Based Learning (PBL) serta asosiasi keduanya. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa SMK Negeri di kabupaten Cianjur sedangkan sampelnya
dipilih 2 kelas yaitu XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan XI TKJ 2 sebagai kelas
kontrol. Metode dalam penelitian ini adalah Mix Method dengan jenis The
Sequential Explanatory. Teknik pengumpulan data dilakukan secara tes dan non
tes. Tes berupa 5 soal uraian untuk kemampuan pemahaman matematik dan non tes
berupa skala kemandirian belajar siswa model Likert dengan 4 pilihan. Pengolahan
data menggunakan Software IBM SPSS 22,0 for windows. Hasil analisis data
menyimpulkan bahwa pencapaian dan peningkatan pemahaman matematik yang
menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) lebih baik
daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Kemandirian belajar siswa
yang pembelajaran menggunakan model Problem-Based Learning (PBL) lebih baik
secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Tidak terdapat asosiasi
antara kemampuan pemahaman matematik dengan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman, Kemandirian Belajar, Model pembelajaran Problem Based-Learning (PBL). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 05:10 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 05:10 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/106 |