MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMK

Euis Nur Komariah, 22102031 (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SMK. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of cover tesis eusi.pdf] Text
cover tesis eusi.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of lembar pengesahan tesis.pdf] Text
lembar pengesahan tesis.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI dan daftar tabel .pdf] Text
DAFTAR ISI dan daftar tabel .pdf

Download (50kB)
[thumbnail of bab 1 baru.pdf] Text
bab 1 baru.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of bab 2 baru .pdf] Text
bab 2 baru .pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of bab 3 baru .pdf] Text
bab 3 baru .pdf

Download (331kB)
[thumbnail of bab 4 baru .pdf] Text
bab 4 baru .pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[thumbnail of bab 5 baru.pdf] Text
bab 5 baru.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan masih rendahnya kemampuan
pemahaman matematik dan kemandirian belajar siswa. Oleh karena itu sebagai
solusinya dipilih model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan
pemahaman matematik dan kemandirian belajar menggunakan model pembelajaran
Problem-Based Learning (PBL) serta asosiasi keduanya. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa SMK Negeri di kabupaten Cianjur sedangkan sampelnya
dipilih 2 kelas yaitu XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan XI TKJ 2 sebagai kelas
kontrol. Metode dalam penelitian ini adalah Mix Method dengan jenis The
Sequential Explanatory. Teknik pengumpulan data dilakukan secara tes dan non
tes. Tes berupa 5 soal uraian untuk kemampuan pemahaman matematik dan non tes
berupa skala kemandirian belajar siswa model Likert dengan 4 pilihan. Pengolahan
data menggunakan Software IBM SPSS 22,0 for windows. Hasil analisis data
menyimpulkan bahwa pencapaian dan peningkatan pemahaman matematik yang
menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) lebih baik
daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Kemandirian belajar siswa
yang pembelajaran menggunakan model Problem-Based Learning (PBL) lebih baik
secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Tidak terdapat asosiasi
antara kemampuan pemahaman matematik dengan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman, Kemandirian Belajar, Model pembelajaran Problem Based-Learning (PBL).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 05 Jun 2025 05:10
Last Modified: 05 Jun 2025 05:10
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item
View Item