Keterampilan siswa dalam membaca dikatakan masih rendah, begitu juga yang terjadipada siswa kelasII Sekolah Dasar. Rendahnya keterampilan tersebutdisebabkanminatsiswauntukmembacakurangdanberanggapanbahwamembacaitumembosankandan tidakmemilikiarti.Olehkarenaitu,guruhendaknyamemilihteknikyangtepat untukmengatasi masalah tersebut. Dengan menggunakan model SAS dengan teknik diskusi di…
enelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pemahaman teks bacaan pada siswa kelas III SD Terang Nusantara dengan menggunakan model pembelajaran scramble.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas III C SD Terang Nusantara yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini menggunakan Mixed Methodsdengan desain Sequential Explanatory.Sumber data yan…
Terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada penggunaan model CIRC untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, tingkat efektivitas menunjukan hasil model CIRC cukup efektif, proses penggunaan model CIRC berjalan dengan baik.
Proses penerapan model Make A Match berjalan dengan baik, tingkat efektivitas penerapan model Make A Match pada pembelajaran siswa kelas II cukup efektif, kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dihasilkan dari faktor internal dan eksternal.
Terdapat peningkatan pada membaca pemahaman teks bacaan dengan menggunakan model picture and picture.
1. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada penggunaan strategi KWL dilihat dari nilai pretests dan postest. 2. Tingkat efektivitas uji N-gain score 0,65 termasuk kategori tinggi.
Terdapat peningkatan pada penggunaan model picture and picture dalam keterampilan menulis cerita pada siswa kelas II SD.