Jurnal
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BACAAN PADA SISWA KELAS III SD
enelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pemahaman teks bacaan pada siswa kelas III SD Terang Nusantara dengan menggunakan model pembelajaran scramble.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas III C SD Terang Nusantara yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini menggunakan Mixed Methodsdengan desain Sequential Explanatory.Sumber data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan daata kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Pretest-Posttest, sedangkan data kualitatif diperoleh dengan menggunakan angket respon siswa dan lembar observasi. Sebelum menggunakan model pembelajaran scramble hasil rata-rata nilai siswa (pretest) adalah 63,82. Selanjutnya hasil nilai rata-rata tes (post test) kemampuan membaca pemahaman siswa pada teks bacaan setelah menggunakan model scrambleadalah 82,9. Berdasarkan hasil uji N-gain diperoleh score g = 0,56 dengan kategori sedang. Dilihat dari persentase efektivitas N-gain diperoleh score 56,22% dengan tafsiran cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diismpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks bacaan pada siswa kelas III SD Terang Nusantara cukup efektif untuk digunakan
B0013402 | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain