Keterampilan siswa dalam membaca dikatakan masih rendah, begitu juga yang terjadipada siswa kelasII Sekolah Dasar. Rendahnya keterampilan tersebutdisebabkanminatsiswauntukmembacakurangdanberanggapanbahwamembacaitumembosankandan tidakmemilikiarti.Olehkarenaitu,guruhendaknyamemilihteknikyangtepat untukmengatasi masalah tersebut. Dengan menggunakan model SAS dengan teknik diskusi di…
enelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pemahaman teks bacaan pada siswa kelas III SD Terang Nusantara dengan menggunakan model pembelajaran scramble.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas III C SD Terang Nusantara yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini menggunakan Mixed Methodsdengan desain Sequential Explanatory.Sumber data yan…
Abstract Learning activities during pandemics present new challenges in Indonesian education, especially in applying character education in elementary schools. This study aims to develop appropriate and effective learning media to instill character education during online learning. The learning media developed is in the form of whiteboard animation proclamation-based. This development cons…
Kesulitan siswa dalam memahami konsep pembagian dalam mata pelajaran matematika menjadikan perlu adanya penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan yang dimaksud. Penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat dan cenderung membosankan menjadi salah satu penyebab banyak dari siswa mempelajari matematika dengan sistem hafalan yang ujungnya siswa kesulitan menyelesaikan pemecahan masalah yang le…
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks bacaan siswa kelas II Sekolah Dasar melalui model CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition). Sebagian siswa kurang terampil dalam membaca pemahaman teks bacaan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini kelas II Sekolah Dasa…
Peneliti melakukan penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi ilmiah melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tangkil tahun ajaran 2022-2023. Subyek penelitian ini adalah kelas VI dengan jumlah siswa 24 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik untuk men…