PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA MTS KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

Devia Rizki, 17510181 (2024) PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA MTS KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario dan implementasi pembelajaran
materi bangun ruang sisi datar pada siswa MTS kelas VIII dengan menggunakan
pendekatan problem based learnin, respon guru dan siswa dalam pembelajaran
materi bangun ruang sisi datar pada siswa MTS kelas VIII dengan menggunakan
pendekatan problem based learning, kesulitan-kesulitan apa yang dialami siswa
MTS kelas VIII pada saat mengikuti pembelajaran materi bangun ruang sisi datar
pada siswa MTS kelas VIII dengan menggunakan pendekatan problem based
learning, dan kendala-kendala apa yang dihadapi guru pada saat implementasi
pembelajaran materi bangun ruang sisi datar pada siswa MTS kelas VIII dengan
menggunakan pendekatan problem based learning. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan instrumen tes dan
nontes, dimana data tersebut diolah menggunakan microsoft excel. Subjek
penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII di MTS Riyadhul Huda pada tahun ajaran
2023/2024 semester genap yang berada di Kecamatan Cikalong Wetan. Instrument
yang digunakan berupa tes tertulis, observasi dan angket.1) Skenario dan
Pembelajaran materi bangun ruang sisi datar pada siswa MTS kelas VIII dengan
menggunakan problem based learnig sudah di implementasikan sesuai dengan
skenario pembelajaran yang sudah di susun. 2) Respon guru dan siswa terhadap
pembelajaran materi bangun ruang sisi datar pada siswa MTS kelas VIII dengan
menggunakan pendekatan problem based learnig menunjukan hasil persentase
keseluruhan termasuk pada interpretasi baik, sedangkan hasil sikap siswa adalah
masuk pada interpretasi sedang. 3)kesulitan siswa dalam menyelesaikan test
materi bangun ruang sisi datar yaitu masih ada sebagian siswa yang kesulitan
dalam memecahkan masalah serta memahami konsep, sehingga masih banyak
siswa yang menyelesaikan test dengan langkah yang tidak tepat. 4) Kendala yang
di hadapi guru maupun murid saat pembelajaran materi bangun ruang sisi datar
yaitu kurang efektifnya proses pembelajarandi kelas. Hal ini di sebabkan beberapa
faktor penunjang terkendalanya pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bangun Ruang Sisi Datar, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:22
Last Modified: 05 Jun 2025 03:22
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item
View Item