PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII

Syawalia Fazarizqa Nurhidayat, 20210158 (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)

Abstract

Model pembelajaran merupakan suatu pedoman dalam kegiatan belajar mengajar. Peneliti
ingin meneliti sejauh mana penerapan model Discovery Learning berbantuan media
YouTube dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII di SMP Al Amin.
Model Discovery Learning dipilih karena cocok melihat masalah yang ada di sekolah. Di
sekolah masih terdapat peserta didik yang sulit untuk menuangkan ide dan gagasan, sulit
menentukan struktur dan kebahasaan teks persuasi,serta peserta didik masih membutuhkan
bimbingan dari guru ketika menulis teks. Teks yang dipilih yaitu teks persuasi karena salah
satu teks yang mudah dipahami karena isinya mengenai ajakan-ajakan, saran, dan
pertimbangan yang berhubungan dengan permasalahan aktual dibantu dengan media
YouTube dengan adanya video dapat menambah motivasi peserta didik untuk menerima
materi tersebut. Dengan adanya model Discovery Learning yang di bantu media YouTube
dapat menjadi salah satu penelitian yang memberikan manfaat bagi pembaca ataupun
peneliti lainnya. Populasi dan sampel yang digunakan sama berjumlah 14 orang peserta
didik yang mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode mix method yaitu gabungan antara data kuantitatif dengan data
kualitatif lebih tepatnya menggunakan explanatory design. Untuk mengumpulkan data
diperlukan alat yang disebut instrumen penelitian berupa soal tes, lembar observasi, dan
angket. Korelasi penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan
menulis teks persuasi diperoleh hasil 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha
diterima dan Ho ditolak. Hal ini memiliki arti bahwa terdapat peningkatan keterampilan
menulis teks persuasi yang signifikan dengan menggunakan model Discovery Learning
berbantuan media YouTube pada siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model discovery learning, teks persuasi, explanatory design
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:47
Last Modified: 04 Jun 2025 03:47
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item
View Item