Lilis Sadiah, 17810022 (2019) PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA SMK MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING PROMPTING. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of bab 1.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 1.pdf
Download (453kB)
![[thumbnail of bab 2 Fix.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 2 Fix.pdf
Restricted to Registered users only
Download (579kB)
![[thumbnail of BAB_3_Fix.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB_3_Fix.pdf
Download (608kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
![[thumbnail of bab 5.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 5.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of Lamnpiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lamnpiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menulis teks eksplanasi karena kurangnya pengetahuan dan metode pembelajaran yang monoton. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan jenis non equivalen control group design, yaitu kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah kemampuan pengetahuan dan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa SMK yang menggunakan metode probing prompting dengan yang menggunakan pembelajaran biasa. Teknik penelitian menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri di Padalarang dengan sampel dua kelas yang berjumlah 60 siswa. Seluruh data dalam penelitian ini diolah menggunakan SPSS.v.23. Nilai rata-rata postest pengetahuan kelas eesperimen 74,38, sedangkan kelas kontrol 72,81. Nilai postes keterampilan kelas eksperimen 78,42, sedangkan kelas kontrol 77,55. Data tersebut menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa yang pembelajarannya menggunakan metode probing prompting lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Terdapat asosiasi yang signifikan antara pengetahuan dengan keterampilan menulis teks eksplasi siswa SMK, Gambaran kinerja siswa SMK dalam implementasi pembelajaran dengan menggunakan metode probing prompting kategori baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis, Teks Eksplanasi, metode probing prompting |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haidar Zein |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 03:56 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 03:57 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/79 |