Fajar Syabanjani, 20010245 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL KARIR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.
![[thumbnail of Halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman awal.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (701kB)
![[thumbnail of BAB 2.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (639kB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Download (800kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Download (465kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (424kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (823kB)
Abstrak
Karir merupakan suatu rangkaian atau pekerjaan yang dicapai seseorang dalam kurun waktu tertentu yang berkaitan dengan sikap, nilai, perilaku dan motivasi dalam individu, pemahaman siswa khusus nya SMA yang menginjak masa remaja
masih kurang tentang kematangan karir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul bimbingan karir yang layak dan efektif untuk meningkatkan kematangan karir . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan e-modul karir
untuk untuk kematangan karir siswa kelas XI. Selanjutnya peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan satu kelompok yang diberi pretest kemudian mendapatkan treatment dan diakhiri dengan pemberian posttest. Kemudian membandingkan skor hasil dari pretest dengan hasil posttest. Perlakuan berupa pemberian e-modul karir untuk kematangan karir dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI Teknik pengumpulan data menggunakan angket perencanaan karir siswa yang telah valid. Angket perencanaan karir terdiri dari 10 item. Berdasarkan hasil uji ahli materi serta media dan uji praktisi guru bimbingan dan konseling subjek peneliian dapat
diketahui bahwa e-modul karir untuk kematangann karir siswa kelas XI dinyatakan layak dan efektif untuk kematangan karir siswa. Terbukti dari penilaian ahli dan praktisi terhadap modul memiliki nilai rata-rata 89, yang berarti modul memiliki kriteria sangat baik. Dalam hasil uji ahli materi 89,7%, uji ahli media 99,2% dan uji praktisi 87,5% dan pengguna 98,6%. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Tasikmalaya jalan rumah sakit umum no.20 Empangsari Kota Tasikmalaya. Simpulan dari penelitian ini
adalah implementasi e-modul karir layak dan efektif untuk meningkatkan kematangan kari pada siswa kelas XI SMA .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul karir, bimbingan kelompok, kematangan karir |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan IKIP |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 04:14 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 04:14 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/648 |