PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS HANDBOOK TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMAN 1 SAGULING

SYAHRUL AHMAD FAUZI, 18010079 (2022) PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS HANDBOOK TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMAN 1 SAGULING. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstrak

Prokrastinasi akademik siswa terjadi pada remaja, individu yang mengalami prokrastinasi akademik disebabkan karena memilih melakukan hal yang lebih menyenangkan seperti bermain gadget dari pada mengerjakan tugas, dan individu
yang mengalami prokrastinasi memiliki manajemen waktu yang buruk dengan menunjukkan perilaku yang tidak mampu mengelola waktu dengan bijak. Penelitian ini bertujuan untuk engembangkan modul bimbingan dan konseling berbasis handbook dengan menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Borg anda Gall melalui
9 tahap penelitian yaitu.(1)Research and Information olletion (penelitian dan pengumpulan data). (2)Planning (perencanaan) Menyusun rencana penelitian.(3)Develop Preliminary form of Product (pengembangan draft produk
awal).(4)Preliminary Field Testing (uji coba lapangan awal).(5)Main Product Revision (revisi hasil uji coba).(6)Main Field Testing (uji lapangan produk utama).(7)Operational Product Revision (revisi produk).(8)(operasional field
testing) uji pelaksanaan lapangan.(9)(final product revision) penyempurnaan produk akhir. Subjek dalam penelitian ini meliputi ahli materi, ahli media, ahli
praktisi, uji terbatas 10 siswa kelas XI SMAN 1 Saguling, 30 siswa kelas XI untuk uji luas. Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif dan uji t-test. Hasil
penelitian ini selanjutnya melalui proses analisis data uji kelayakan dan uji t. Lalu kelayakan pada modul ini memperoleh persentase ahli media 90%, ahli materi 70%, prakatisi 97,5%, uji coba produk 87,50%, uji coba pemakaian 88% sehingga dari kelima aspek penilaian tersebut modul masuk kedalam kategori “Sangat Layak”.Kemudian keefektifan modul yang dikembangkan menunjukan nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga modul yang dikembangkan efektif dalam menangani rokrastinasi akademik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modul, Prokrastinasi Akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:35
Last Modified: 13 Aug 2025 07:35
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item
View Item