PENERAPAN PROGRAM TAHSIN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TAHSIN AL-DI SEKOLAH IBU

Putri Vidi Tiarawati, - (2024) PENERAPAN PROGRAM TAHSIN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TAHSIN AL-DI SEKOLAH IBU. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (902kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan penerapan program dengan pendekatan Blended Learning bertujuan
untuk mengetahui efektivitas program, proses penerapan program, kendala yang
dihadapi, dan peningkatan aktifitas belajar Tahsin peserta menggunakan
pendekatan Blended Learning yaitu menggunakan kombinasi pembelajaran tatap
muka (offline) dan pembelajaran jarak jauh (online) melalui aplikasi Whattsap,
Zoom, dan Google Meet pada orang dewasa di Sekolah Ibu Bandung. Subjek pada
penelitian ini sebanyak 130 peserta yang merupakan orang dewasa yaitu Ibu-Ibu
dan Lansia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
campuran (Mixed Methods) dengan desain yaitu Sequential Explanatory Design.
Metode pelaksanaan dengan pre-test, pemberian program, dan post-test. Analisis
data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian
memperlihatkan bahwa ada peningkatan kemampuan Tahsin orang dewasa pada
setiap kelasnya atau levelnya di Sekolah Ibu. Dari hasil pre test dan post test dan
dari indikator kemampuan pada pengenalan huruf-huruf hijaiyah; membaca AL-Quran dengan mengenal, mengetahui, dan paham tanda-tanda bacaan; dan konsisten dalam membaca Al-Quran sesuai kaidahnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Orang Dewasa, Tahsin al- Quran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 03 Jun 2025 04:41
Last Modified: 03 Jun 2025 04:41
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item
View Item