EFEKTIVITAS PELATIHAN LITERASI DIGITAL BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KETERAMPILAN PEMBELAJARAN DIGITAL REMAJA DI PEDESAAN

MELI SUSANTI, - (2024) EFEKTIVITAS PELATIHAN LITERASI DIGITAL BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KETERAMPILAN PEMBELAJARAN DIGITAL REMAJA DI PEDESAAN. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 3. Lembar pernyataan bermatrai.pdf] Text
3. Lembar pernyataan bermatrai.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah implementasi pelatihan, mengetahui respon dan
kendala peserta serta mengetahui efektivitas pelatihan literasi digital berbasis multimedia untuk
meningkatkan kompetensi keterampilan pembelajaran digital remaja di pedesaan. Metode
penelitian yang digunakan adalah mix method jenis Sequential Eksploratory. Subjek dalam
penelitian ini adalah anak remaja di Desa Puteran berjumlah 9 orang. Instrumen dalam
penelitian ini menggunakan instrument tes sebanyak 10 soal pilihan ganda, dan instrument non
tes berupa angket tertutup dan terbuka serta observasi. Berdasarkan hasil penelitian baik dari
hasil analisis menggunakan Microsoft Excel dan SPSS, maka penulis menyimpulkan bahwa
implementasi pelatihan literasi digital berbasis multimedia dengan tema digital skill, digital
culture, digital ethics, dan digital safety dengan langkah kegiatan diawali dengan pembukaan,
penjelasan tutor, penayangan materi, kegiatan mencoba, kegiatan mengkomunikasikan, dan
kegiatan penutup hampir seluruhnya dilaksanakan. Adapun respon peserta terhadap pelatihan
memberikan respon baik dan senang mengikutinya. Kemudian kendala yang dialami
dikarenakan dua factor yaitu, kendala yang dari factor luar seperti kurang jelas saat melihat
tugas yang di kirim lewat media digital, keadaan berisik, hp lemot, kuota dan sinyal yang tidak
stabil. Sedangkan factor dari dalam berasal dari mau atau tidaknya diri mengikuti pelatihan
tersebut misalnya males dan belum bisa membuat poster karena belum bisa. Kompetensi
pembelajaran digital memperoleh nilai sig < 0,01 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga
dapat disimpulkan bahwa pelatihan literasi digital berbasis multimedia dapat meningkatkan
kompetensi belajar digital remaja di Pedesaan dengan kategori baik pada setiap tema.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Literasi digital, Multimedia, Pembelajaran digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 03 Jun 2025 04:23
Last Modified: 03 Jun 2025 04:23
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item
View Item