Meina Nurfarida Sopandi, 20060160 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN AWAL.pdf
Download (477kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (343kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (13kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (19kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstrak
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya untuk mengetahui; (1) peningkatan penerapan model pembelajaran role playing terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa; (2) respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran role playing; dan (3) kendala yang di hadapi
oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model role playing. Metode yang digunakan yaitu mix method dengan desain sequential explanatory design. Penelitian berlokasi di SD Negeri Sukasari dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data melalui tes (pretest dan posttest), lembar observasi, wawancara, dan juga angket. Berdasarkan data kuantitatif yang diperoleh melalui uji N-Gain terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV dengan nilai N-Gain score sebesar
0,55 dikategorikan sedang. Dan nilai N-Gain Persen sebesar 55,7% dengan kriteria efektif. Adapun data yang diperoleh pada kualitatif yaitu respon siswa menunjukkan bahwa mayoritas siswa merasa bahwa model role playing menarik
dan menyenangkan, serta memudahkan mereka dalam memahami materi. Melalui wawancara, guru mengungkapkan beberapa kendala seperti terdapat beberapa siswa merasa kurang percaya diri atau enggan berpartisipasi dalam kegiatan
bermain peran, kemudian penerapan sintaks role playing membutuhkan persiapan yang memakan waktu ketika membuat skenario yang jelas dan menarik, serta ketika mengendalikan jalannya role playing supaya tetap kondusif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep, Model role playing |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:36 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 06:36 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/525 |