PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Mega Diana, 22060432 (2024) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 02 BAB I Mega.pdf] Text
02 BAB I Mega.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 03 BAB II Mega.pdf] Text
03 BAB II Mega.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of 04 BAB III Mega.pdf] Text
04 BAB III Mega.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of 05 BAB IV Mega.pdf] Text
05 BAB IV Mega.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[thumbnail of 06 BAB V Mega.pdf] Text
06 BAB V Mega.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 07 Daftar Pustaka Mega.pdf] Text
07 Daftar Pustaka Mega.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 08 Lampiran Hasil Mega.pdf] Text
08 Lampiran Hasil Mega.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penggunaan model cooperative learning tipe picture and picture untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas II Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix
Methods dengan menggunakan desain penelitian sequensial eksplanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang yang terdiri dari 12 orang siswa
laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest, serta angket wawancara guru
dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis permulaan siswa ketika diterapkannya model cooperative learning tipe picture and picture dalam pembelajaran. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata rata kemampuan menulis permulaan kelas sebesar 87,88 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 55. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 4,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis permulaan, Model Cooperative Learning tipe Picture and Picture
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 06:12
Last Modified: 11 Jul 2025 06:12
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item
View Item