Mega Diana, 22060432 (2024) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN AWAL.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 02 BAB I Mega.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02 BAB I Mega.pdf
Download (323kB)
![[thumbnail of 03 BAB II Mega.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03 BAB II Mega.pdf
Restricted to Registered users only
Download (335kB)
![[thumbnail of 04 BAB III Mega.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04 BAB III Mega.pdf
Download (562kB)
![[thumbnail of 05 BAB IV Mega.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05 BAB IV Mega.pdf
Restricted to Registered users only
Download (915kB)
![[thumbnail of 06 BAB V Mega.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06 BAB V Mega.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of 07 Daftar Pustaka Mega.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07 Daftar Pustaka Mega.pdf
Download (398kB)
![[thumbnail of 08 Lampiran Hasil Mega.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08 Lampiran Hasil Mega.pdf
Restricted to Registered users only
Download (863kB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penggunaan model cooperative learning tipe picture and picture untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas II Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix
Methods dengan menggunakan desain penelitian sequensial eksplanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang yang terdiri dari 12 orang siswa
laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest, serta angket wawancara guru
dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis permulaan siswa ketika diterapkannya model cooperative learning tipe picture and picture dalam pembelajaran. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata rata kemampuan menulis permulaan kelas sebesar 87,88 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 55. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 4,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis permulaan, Model Cooperative Learning tipe Picture and Picture |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:12 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 06:12 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/522 |