PENGGUNAAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (TS TS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPAS KELAS 4 SISWA SEKOLAH DASAR

SITI ALIFIA MAULINA, 20060134 (2024) PENGGUNAAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (TS TS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPAS KELAS 4 SISWA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of LAMPIRAN A.pdf] Text
LAMPIRAN A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran IPAS menggunakan model two stay two stray, kendala yang dihadapi guru dan peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model
pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan desain explanatory sequential. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di salah satu MI di wilayah Bandung Barat dengan jumlah 25 dan 1 guru kelas. Instrumen yang digunakan berupa tes pretest dan posttest, lembar angket peserta didik, lembar observasi guru dan wawancara guru. Hasil penelitian bahwa model
pembelajaran two stay two stray efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil perolehan nilai rata-rata peserta didik dari pretest dan posttest yang awalnya sebesar 49,16
meningkat menjadi 81,46. Selain itu, hasil n-gain memperoleh rata-rata sebesar 63%. Kemudian kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran yaitu 1) guru memiliki keterbatasan waktu dalam penerapan model two stay two stray, 2) kendala
dalam pembagian kelompok dimana siswa masih memilih-milih teman, 3) guru betul-betul harus fokus dalam membimbing peserta didik agar alur pembelajaran tetap sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Pemecahan Masalah, Keberagaman budaya di Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 10 Jul 2025 06:59
Last Modified: 10 Jul 2025 06:59
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item
View Item