PENERAPAN PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT VOKASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN SMK

Ipan Ilmansyah Hidayat, 22105004 (2024) PENERAPAN PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT VOKASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN SMK. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of Pengesahan.pdf] Text
Pengesahan.pdf

Download (957kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (591kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (927kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (766kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (574kB)

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat Vokasi (PPMV) adalah kegiatan SMK dalam
bentuk pembinaan, pelatihan, atau pemberdayaan ke masyarakat yang sesuai
dengan kompetensi keahlian di SMK dan keterlibatan siswa secara langsung pada
kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan softskill sangat kurang di SMK
padahal kemampuan softskill siswa sangat diperlukan dalam memenuhi kebutuhan
industri dibandingkan dengan kemampuan hardskill dan belum optimalnya sekolah
dalam melatih kemampuan softskill dengan melibatkan siswa secara langsung di
masyarakat. Dari beberapa penelitian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa
program pengabdian Masyarakat mampu meningkatkan softskill siswa, seperti
yang disebutkan dalam penelitian (Afzal & Hussain, 2020) menunjukan bahwa
program pengabdian masyarakat memiliki dampak positif terhadap keterampilan
sosial siswa O-level selain itu siswa juga memiliki pengalaman belajar yang positif.
Data diperoleh dengan menggunakan teknik analisis Mixed Methods Sequential
Exploratory Design dimulai dengan pelaksanaan penelitian pada tataran kualitatif
yang selanjutnya diikuti penelitian pada tataran kuantitatif. Data penelitian
merupakan indikator softskill dari peserta pembelajaran berupa variabel
Gotongroyong, Mandiri, Bernalar kritis, dan Kreatif, yang dikumpulkan sebelum
dan sesudah pelaksanaan PPMV Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana efektivitas pelaksanaan PPMV dalam meningkatkan kompetensi
softskill peserta didik. Untuk mengetahui pengaruh dari PPMV terhadap nilai
softskill maka dilaksanakan uji statistika. Kesimpulan PPMV efektif meningkatkan
karakter siswa baik secara deskriptif dimana rerata pretest 82.68 dan rerata postest
92.93 (Postest > Pretest) dan ini dibuktikan melalui paired sample test secara
signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 (p<0,05). Dengan peningkatan sejumlah 22.11%
dari pengurangan selisih postest dikurangi pretest. Dari hasil pengukuran didapat
Tingkat kekuatan (keeratan) hubungan variabel PPMV dengan variabel karakter
siswa dengan koefesien korelasi sebesar 0,567 yang artinya Tingkat kekuatan
hubungan (korelasi) antara dua variabel PPMV dengan variabel karakter siswa
adalah sebesar 0,567 atau hubungan kuat dengan signifikansi sebesar 0,01. Arah
atau jenis hubungan Variabel PPMV dengan Variabel karakter siswa adalah bersifat
searah (jenis hubungan searah) yang artinya bahwa semakin bagus pelaksanaan
PPMV maka karakter siswa juga akan meningkat. Nilai kontribusi variabel PPMV
terhadap variabel karakter siswa adalah sebesar 32% yang diperoleh dari pengujian
koefesien determinasi yang dapat disimpulkan bahwa kontribusi PPMV terhadap
karakter siswa sebesar 32% sedangkan 68% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:57
Last Modified: 03 Jun 2025 03:57
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item
View Item