PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT KALIMAT TANYA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Hetty Priadharsani, 22060290 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT KALIMAT TANYA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (788kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe index card match untuk meningkatkan kemampuan membuat kalimat tanya pada siswa kelas II Sekolah Dasar di SD IT Uswatun Hasanah, Kota Cimahi. Populasi dan sampel penelitian terdiri dari 20 siswa dan 1 guru kelas II. Metode penelitian menggunakan pendekatan explanatory sequential, yaitu melakukan pengumpulan data kuantitatif terlebih dahulu diikuti oleh analisis kualitatif untuk mendukung temuan awal. Data kuantitatif dikumpulkan melalui pre-test dan post-test kemampuan membuat kalimat tanya, sementara data kualitatif diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam
dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif type index card match pada siswa kelas II didapati nilai N-Gain sebesar 0,68 atau mengindikasikan terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membuat pertanyaan dengan tingkat efektivitas sedang; 2) Nilai rata-rata skor pre-test dan post-test mengalami peningkatan sebesar 52% dari yang semula 60 menjadi 91; 3) Analisis data kualitatif menunjukkan bahwa siswa lebih cepat memahami soal yang diberikan, mampu menanggapi pembelajaran yang diajarkan dan termotivasi
serta tertarik mengikuti proses pembelajaran dengan adanya bantuan permainan mencocokkan kartu indeks; dan 4) Guru sudah baik menjalankan peranannya ketika mengajarkan materi membuat kalimat tanya, dan siswa mempunyai pemahaman yang
baik .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: index card match, Kemampuan Membuat Kalimat Tanya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:53
Last Modified: 09 Jul 2025 07:53
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item
View Item