Hetty Priadharsani, 22060290 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT KALIMAT TANYA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN AWAL.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (368kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (385kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (788kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (733kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (359kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (385kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe index card match untuk meningkatkan kemampuan membuat kalimat tanya pada siswa kelas II Sekolah Dasar di SD IT Uswatun Hasanah, Kota Cimahi. Populasi dan sampel penelitian terdiri dari 20 siswa dan 1 guru kelas II. Metode penelitian menggunakan pendekatan explanatory sequential, yaitu melakukan pengumpulan data kuantitatif terlebih dahulu diikuti oleh analisis kualitatif untuk mendukung temuan awal. Data kuantitatif dikumpulkan melalui pre-test dan post-test kemampuan membuat kalimat tanya, sementara data kualitatif diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam
dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif type index card match pada siswa kelas II didapati nilai N-Gain sebesar 0,68 atau mengindikasikan terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membuat pertanyaan dengan tingkat efektivitas sedang; 2) Nilai rata-rata skor pre-test dan post-test mengalami peningkatan sebesar 52% dari yang semula 60 menjadi 91; 3) Analisis data kualitatif menunjukkan bahwa siswa lebih cepat memahami soal yang diberikan, mampu menanggapi pembelajaran yang diajarkan dan termotivasi
serta tertarik mengikuti proses pembelajaran dengan adanya bantuan permainan mencocokkan kartu indeks; dan 4) Guru sudah baik menjalankan peranannya ketika mengajarkan materi membuat kalimat tanya, dan siswa mempunyai pemahaman yang
baik .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | index card match, Kemampuan Membuat Kalimat Tanya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:53 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:53 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/480 |