Ellyda Dwi Aprilian, 18060432 (2024) RANCANG BANGUN MEDIA DIORAMA PEKERJAAN BERBANTUAN QR CODE MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (461kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (447kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstrak
Pengembangan media ini bertujuan untuk mengetahui kefektivitasan dan kelayakan dari Media Diorama Pekerjaan Berbantuan QR Code Menggunakan Model Make a Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SD. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD) menurut Brog and Gall. Subjek penelitian yang dipilih sebanyak 52 siswa dari dua sekolah. Hasil yang diperoleh dari validasi media 95%, validasi materi 93,75% dan validasi
dua guru 96%. Sedangkan berdasarkan angket respon siswa mendapat hasil 89% pada uji terbatas dan 92% pada uji luas. Dan hasil uji paired sample t test yang didapat bahwa terdapat perbedaan antara pretest dan posttest. Selain itu hasil yang yang diperoleh N-Gain pada saat uji terbatas mendapat 80% dan uji luas 79% kedua hasil termasuk kedalam kriteria efektif. Berdasarkan dari beberapa hasil analisi
dinyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan diorama berbantuan QR Code dikategorikan sangat layak dalam meningkatkan pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diorama, Model Make a Match, Kemampuan Pemahaman. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:09 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:09 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/428 |