DEDEH SITI ROZAKIAH SAFITRI, 20060331 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (809kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (147kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (343kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (58kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstrak
Dedeh Siti Rozakiah Safitri. 2024.
Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar, dibimbing oleh Galih Dani Septiyan Rahayu,M.Pd dan Sofyan Nur Mahardika,M.Pd. Rendahnya tingkat berpikir kritis pada Siswa kelas V Sekolah Dasar yang
disebabkan model pembelajaran yang monoton dan tidak cocok dengan murid kelas V Sekolah Dasar yang menyebabkan murid bersikap pasif dan apatis dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya menyebabkan tidak maksimalnya hasil yang
diperoleh dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itulah peneliti melakukan penelitian Mix Method dengan design Explanatory Squential Design dan menggunakan model Problem Based Learning. Instrumen yang digunakannya pun
berupa tes, angket respon siswa dan wawancara guru. Teknik pengumpulan dan pengolahan data yang dipakai yaitu kuantitatif dan kualitatif. Siswa yang berperan
sebagai responden adalah sebanyak 20 orang siswa Sekolah Dasar Negeri di Desa Gunungmasigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Model Problem Based Learning dapat
meningkatkan tingkat berpikir kritis viswa yang ditunjukan dari hasil observasi ditunjang oleh peningkatan hasil Post T
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis, Problem Based Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 04:27 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 04:27 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/400 |