MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN PROBLEM BASED LEARNING

Akhmad Khotib, 15510172 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN PROBLEM BASED LEARNING. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (906kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA .pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menelaah kemampuan pemahaman matematik dan
motivasi belajar siswa yang memperoleh pendekatan Kontekstual dibandingkan
dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning, implementasi
pendekatan kontekstual, serta kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal - soal
pemahaman matematik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al
Inayah Kutamukti yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang
digunakan adalah dua kelas dari tiga kelas yang ada. Instrumen yang digunakan
untuk mengumpulkan data berupa instrumen tes kemampuan pemahaman
matematik, dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Kemampuan pemahaman matematik menggunakan pendekatan
kontekstual lebih baik daripada menggunakan pendekatan Problem Based
Learning; 2) Motivasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual
lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning, 3)
Implementasi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual telah memiliki
pemahaman dan mengetahui langkah apa yang harus siswa selesaikan, siswa
sudah tidak malu - malu untuk menjawab dan siswa menjadi aktif, dan 4)
Kesulitan siswa pada umumnya terdapat pada indikator tentang kemampuan
mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontekstual, Pendekatan Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Matematik, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Sains > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 05 Jul 2025 03:46
Last Modified: 05 Jul 2025 03:46
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item
View Item