Akhmad Khotib, 15510172 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN PROBLEM BASED LEARNING. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (906kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Download (315kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (71kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA .pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Download (87kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menelaah kemampuan pemahaman matematik dan
motivasi belajar siswa yang memperoleh pendekatan Kontekstual dibandingkan
dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning, implementasi
pendekatan kontekstual, serta kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal - soal
pemahaman matematik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al
Inayah Kutamukti yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang
digunakan adalah dua kelas dari tiga kelas yang ada. Instrumen yang digunakan
untuk mengumpulkan data berupa instrumen tes kemampuan pemahaman
matematik, dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Kemampuan pemahaman matematik menggunakan pendekatan
kontekstual lebih baik daripada menggunakan pendekatan Problem Based
Learning; 2) Motivasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual
lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran Problem Based Learning, 3)
Implementasi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual telah memiliki
pemahaman dan mengetahui langkah apa yang harus siswa selesaikan, siswa
sudah tidak malu - malu untuk menjawab dan siswa menjadi aktif, dan 4)
Kesulitan siswa pada umumnya terdapat pada indikator tentang kemampuan
mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Kontekstual, Pendekatan Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Matematik, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Sains > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan IKIP |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 03:46 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 03:46 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/397 |