MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIK SISWA MA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED

Agung Nugraha, 15510158 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIK SISWA MA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (668kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematik siswa menengah di Indonesia terhadap mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah apakah pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa MA yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended dibandingkan dengan yang menggunakan pendekatan biasa. Metode penelitian ini adalah kuasi
eksperimen dan desain penelitian menggunakan pretes dan postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Swasta di kota Bandung, dengan subjek sampelnya adalah kelas X pada salah
satu MA Swasta di kota Bandung. Adapun sampelnya yang dipilih dua kelas secara acak, dengan kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekatan open ended dan kelas X MIA 2 menjadi kelas kontrol menggunakan pendekatan biasa. Data penelitian diperoleh melalui instrumen berupa pretes dan postes kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematik. Data pretes diolah melalui uji normalitas dan uji Mann-Whitney. Sedangkan untuk data postes, N-gain dan angket motivasi belajar diolah melalui uji normalitas, uji homogenitas varians, dan uji indpendent sampel t’ test dengan menggunakan Software Microsoft Excel 2010 dan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematik siswa dengan
menggunakan pendekatan open ended lebih baik daripada kemampuan siswa yang menggunakan pendekatan biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Motivasi Belajar Matematik, Pendekatan Open Ended.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Sains > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 04 Jul 2025 02:58
Last Modified: 04 Jul 2025 02:58
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item
View Item