Wulan Noer Rachmiaty, 14210284 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X MA RIYADHUL HUDA SKRIPSI. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of Bab I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (312kB)
![[thumbnail of Bab II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB)
![[thumbnail of Bab III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Download (698kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (187kB)
![[thumbnail of Lampiran-Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran-Lampiran.pdf
Download (5MB)
Abstrak
Rachmiaty. W (2018) “Pembelajaran menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Student Teams Achievement Division (STAD)”. Pembelajaran bahasa Indonesia mencakup empat jenis yakni keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan menulis atau mengarang merupakan kegiatan pengungkapan gagasan secara tertulis. Menulis atau mengarang boleh dikatakan keterampilan yang paling sukar bila dibandingkan dengan keterampilan bahasa yang lainnya. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Salah satunya dalam pembelajaran menulis teks eksposisi, bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima atau mengikutinya. Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian pada kelas X MA Riyadhul Huda. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam proses belajar menggunakan metode Student Teams Achievement Division (STAD), mengetahui respons siswa terhadap metode Student Teams Achievement Division (STAD), serta mengetahui perbedaan hasil kemampuan siswa di kelas eksperimen dan kontrol. Metode Student Teams Achievement Division (STAD) yaitu metode yang digunakan peneliti dalam proses berlangsungnya pembelajaran teks eksposisi. Metode Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan metode yang menunjukan kerja sama antar kelompok. Pembelajaran tipe ini merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara heterogen diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kuis, dan penghargaan kelompok. Metode yang digunakan yaitu metode Quasi Eksperimen dengan bentuk desain pretest-posttest control grup design, dan teknik yang digunakan adalah observasi dan tes tulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode Student Teams Achievement Division (STAD) mampu meningkatkan hasil kemampuan menulis siswa, terlihat dari rata-rata tes awal 4,7 dan tes akhir 70. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan metode Student Teams Achievement Division (STAD) berbeda secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, menulis, teks eksposisi, metode Student Teams Achievement Division (STAD) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haidar Zein |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:31 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:31 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/349 |