Cica Ratnasari, - and Ratna Sariningsih, - and Heris Hendriana, - (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VII PADA MATERI BILANGAN. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6 (6). pp. 2195-2206. ISSN ISSN 2614-221X (print) ISSN 2614-2155 (online)
![[thumbnail of Artikel 11.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Artikel 11.pdf
Download (480kB)
![[thumbnail of Hasil Cek Plagiat 11.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hasil Cek Plagiat 11.pdf
Download (542kB)
Abstrak
Berdasarkan penelitian sebagian besar siswa kesulitan dalam memahami prinsip
dan operasi bilangan. Maka dari itu penulis tergerak melakukan penelitian ini.
Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan kesulitan siswa saat mengerjakan permasalahan materi
Bilangan. Subjek penelitiannya yaitu 15 siswa kelas VII B SMP Pasundan 1
Cimahi. Teknik pengolahan data pada penelitian ini menggunakan rumus yang
dikemukakan oleh Arikunto. Dari hasil analisis, indikator pertama 73%
tergolong kategori cukup. Indikator ke 2 yaitu 55% tergolong kategori kurang.
Indikator ke 3 mencapai 73% tergolong kategori cukup. Indikator ke 4 mencapai
82% tergolong kategori baik. Indikator ke 5 mencapai 89% tergolong kategori
sangat baik. Dari uraian diatas, kesulitan siswa yang paling banyak dalam
mengerjakan soal bilangan yaitu siswa masih sulit dalam mengerjakan soal
dengan operasi yang rumit. Faktor yang melatarbelakangi kesulitan tersebut
adalah: (1) Kurangnya pemahaman konsep pengerjaan pada operasi bilangan,
(2) pembahasan guru yang kurang jelas, (3) penggunaan media pembelajaran
yang tidak memadai.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Difficulty analysis; Number |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | IKIPEDIA |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:06 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:06 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/323 |