ANALISIS KESALAHAN SISWA MTs TERHADAP KONSEP PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Rika Sapitri*, - and Wahyu Setiawan, - and Ratna Sariningsih, - (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA MTs TERHADAP KONSEP PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5 (3). pp. 805-812. ISSN ISSN 2614-221X (print) ISSN 2614-2155 (online)

[thumbnail of Artikel 6.pdf] Text
Artikel 6.pdf

Download (826kB)
[thumbnail of Hasil Cek Plagiat Artikel 6.pdf] Text
Hasil Cek Plagiat Artikel 6.pdf

Download (890kB)

Abstrak

Penelitian ini tujuannya untuk menganalisis kesalahan siswa MTs terhadap konsep persamaan linear
satu variabel (PLSV), menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan memberikan 7 butir soal konsep persamaan linear satu variabel (PLSV)
dan wawancara dengan teknik pengolahan data yang digunakan yaitu menganalisis kesalahan siswa,
berdasarkan indikator kesalahan dalam memahami definisi persamaan linear satu variabel. Subjek yang
peneliti gunakan berjumlah 19 siswa kelas VII-B di salah satu MTs swasta Kecamatan Cipeundeuy
dengan kemampuan yang heterogen. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa; (1) jenis kesalahan siswa
dengan kemampuan rendah adalah keliru ketika menentukan yang termasuk persamaan linear satu
variabel, bukan persamaan linear satu variabel dan tidak dapat menyebutkan variabel dan konstanta dari
suatu persamaan; (2) jenis kesalahan yang dilakukan terhadap siswa kemampuan sedang itu tidak dapat
menyebutkan konstanta dari suatu persamaan; dan (3) jenis kesalahan siswa dengan kemampuan tinggi
adalah keliru dalam menyebutkan konstanta. Sehingga dapat disimpulkan penyebab kesalahan siswa
adalah masih banyaknya yang tidak memahami pada konsep dasar persamaan linear satu variabel.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Konsep Persamaan Linear Satu Variabel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: IKIPEDIA
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:12
Last Modified: 01 Jul 2025 02:12
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item
View Item