Aulia Nada Afifah, 20060237 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS III SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (51kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (604kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (17kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (131kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (300kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (387kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (518kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (691kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (21kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (257kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Dengan adanya tingkat rendahnya pemahaman konsep pada Siswa kelas III Sekolah
Dasar yang disebabkan model pembelajaran yang monoton dan tidak cocok dengan
murid kelas III Sekolah Dasar yang menyebabkan murid bersikap pasif dan apatis
dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya menyebabkan tidak maksimalnya
hasil yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itulah peneliti
melakukan penelitian Mix Method dengan design Explanatory Squential Design
dan menggunakan model RADEC. Instrumen yang digunakannya pun berupa tes,
angket respon siswa dan wawancara guru. Teknik pengumpulan dan pengolahan
data yang dipakai yaitu kuantitatif dan kualitatif. Siswa yang berperan sebagai
responden adalah sebanyak 30 orang siswa Sekolah Dasar Negeri di daerah Junti
Girang, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa Model RADEC dapat meningkatkan tingkat pemahaman
konsep siswa yang ditunjukan dari hasil observasi yang ditunjang oleh peningkatan
hasil Post Test yang meningkat secara signifikan diakhir proses pembelajaran
berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:27 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:27 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/295 |