PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS III SEKOLAH DASAR

Aulia Nada Afifah, 20060237 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS III SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dengan adanya tingkat rendahnya pemahaman konsep pada Siswa kelas III Sekolah
Dasar yang disebabkan model pembelajaran yang monoton dan tidak cocok dengan
murid kelas III Sekolah Dasar yang menyebabkan murid bersikap pasif dan apatis
dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya menyebabkan tidak maksimalnya
hasil yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itulah peneliti
melakukan penelitian Mix Method dengan design Explanatory Squential Design
dan menggunakan model RADEC. Instrumen yang digunakannya pun berupa tes,
angket respon siswa dan wawancara guru. Teknik pengumpulan dan pengolahan
data yang dipakai yaitu kuantitatif dan kualitatif. Siswa yang berperan sebagai
responden adalah sebanyak 30 orang siswa Sekolah Dasar Negeri di daerah Junti
Girang, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa Model RADEC dapat meningkatkan tingkat pemahaman
konsep siswa yang ditunjukan dari hasil observasi yang ditunjang oleh peningkatan
hasil Post Test yang meningkat secara signifikan diakhir proses pembelajaran
berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:27
Last Modified: 26 Jun 2025 03:27
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item
View Item