MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KONEKSI SERTA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIK SISWA SMK DI KABUPATEN CIANJUR MELALUI METODE DISCOVER LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE MATLAB

DINI SRI GUSTIANI, 17102014 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KONEKSI SERTA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIK SISWA SMK DI KABUPATEN CIANJUR MELALUI METODE DISCOVER LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE MATLAB. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap pentingnya peranan matematika dalam kaitannya dengan permasalahan kehidupan sehari-hari dan menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri. Adapun tujuan penelitian adalah 1.) Apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif, koneksi serta motivasi belajar siswa matematik siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan metode discovery learning berbantuan software Matlab lebih baik daripada yang menggunakan metode discovery learning.2) Apakah terdapat kaitan antara:Kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematik siswa SMK, Kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar matematik siswa SMK dan Kemampuan koneksi dan motivasi belajar matematik siswa SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain
kelompok kontrol pretes postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMK di Kota Cianjur sedangkan sampel sekolahnya adalah SMK Bela Nusantara yang dipilih berdasarkan acak sekolah. Sampel kelas diambil secara acak kelas terhadap 10 kelas dari kelas X SMK Bela Nusantara diperoleh kelas X AP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AP 2 sebagai kelas control. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal tes uraian dan instrumen non tes
berupa skala sikap siswa. Data diolah dengan menggunakan SPSS 22,0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif, koneksi dan motivasi belajar matematik siswa yang belajar dengan metode discovery
learning berbantuan software Matlab lebih baik daripada yang menggunakan metode discovery learning. Selain itu terdapat asosiasi antara kemampuan berpikir kreatif koneksi matematik, kemampuan berpikir kreatif motivasi belajar dan
kemampuan koneksi matematik motivasi belajar siswa SMK. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan agar metode discovery learning berbantuan software matlab dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang aktif, inovatif, menyenangkan dan memberikan kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode discovery learning berbantuan software matlab, Berpikir Kreatif, Koneksi matematik, Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:54
Last Modified: 25 Jun 2025 03:54
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item
View Item