ASEP SUBHAN SURYADI, 17102029 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR LOGIS SERTA KEBIASAAN BERPIKIR MATEMATIK SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN ICT (INFORMASI AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES). Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (500kB)
![[thumbnail of bab 1 bab 2 bab 3 bab 4 bab 5 daftar pustaka.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 1 bab 2 bab 3 bab 4 bab 5 daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Logis serta Kebiasaan Berpikir Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi hal tersebut. Solusi pendekatan yang diterapkan yaitu pendekatan PBL berbantuan ICT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah, berpikir logis dan kebiasaan berpikir siswa SMK kelas X melalui pendekatan problem based learning berbantuan ICT lebih baik daripada pembelajaran biasa serta menelaah implementasi langkah-langkah pendekatan yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Pada awal dan akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dan non tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Bina Insan Bangsa, sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yang dipilih tidak acak kelas, diperoleh kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 4 sebagai kelas
kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa tes soal uraian, kemudian ratarata pretes Kemampuan Pemecahan Masalah kelas eksperimen atau yang menggunakan pendekatan PBL berbantuan ICT 2.84 dan rata-rata kelas kontrol 2.69
sedangkan rata-rata postes kemampuan Pemecahan Masalah kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-msing 13.03 dan 9.91 dari skor maksimal ideal. Sedangkan untuk rata-rata pretes Kemampuan Berpikir Logis kelas eksperimen atau yang menggunakan pendekatan PBL berbantuan ICT 3.19 dan rata-rata kelas kontrol 3.03 sedangkan ratarata postes Kemampuan Berpikir Logis kelas eksperimen dan kelas kontrol masingmsing 12.97 dan 9.63 dari skor maksimal ideal. Dengan demikian dapat dilihat ada perbedaan rata-rata antara kemampuan Pemecahan Masalah matematik dan Kemampuan Berpikir Logis matematik pada kelas eksperimen dengan skor rata-rata
Kemampuan Pemecahan Masalah matematik dan Kemampuan Berpikir Logis matematik pada kelas kontrol. kelas eksperimen dengan pendekatan PBL berbantuan ICT Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemampuan Berpikir Logis lebih baik dari pada yang menggunakan pendekatan saintifik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Logis, Kebiasaan Berpikir, Pendekatan PBL berbantuan ICT. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Haidar Zein |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:46 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:46 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/263 |