Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI

Aida Maulida, Farhani (2025) Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
file/d/1RCD2-L4nyHKMl46LAK4fnv8wcZl4uCtg/view_usp=drive_open

Download (44kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
file/d/1ybgSbqPcjnrGu7FLwNZwful0Tw3JbJHX/view_usp=drive_open

Download (103kB)
[thumbnail of BAGIAN DEPAN] Text (BAGIAN DEPAN)
file/d/18_iUCBQJeN2EMiH2ShyJf573ifErcpcv/view_usp=drive_open

Download (104kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
file/d/162apVs5QCOyd6uZr2jb5tH0vjK2t11fp/view_usp=drive_open

Download (44kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
file/d/1YYhBd91hTChiAbuV40VDKX4HkOp1vp2t/view_usp=drive_open
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
file/d/13RK7U4lzgO6Od-S4uv8eWOUsRnU0Rviu/view_usp=drive_open

Download (44kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
file/d/1keIQrrd0BHsWxKpwD40v8lhPCzWQUOOG/view_usp=drive_open
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
file/d/1ctL9jZMf9x7bcgtUVYibteHto1gYg0wF/view_usp=drive_open

Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
file/d/1EOLud8nGyLXK7LB0-J4F4o6rcz8-NP6k/view_usp=drive_open

Download (44kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
file/d/1PiG1IzADVFeIrRj0aCp-kjd1s_KeEvCX/view_usp=drive_open

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas layanan bimbingan kelompok
dengan teknik Role Playing terhadap penyesuaian diri siswa kelas XI. Penyesuaian
diri adalah proses dimana individu menyesuaiakan diri dengan lingkungan guna
mencapai hubungan yang harmonis dan seimbang dengan lingkungannya. Namun
pada kenyataannya masih terdapat siswa yang memiliki kemampuan penyesuaian
diri yang rendah. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menerapkan layanan
bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Penelitian ini dilakukan di kelas
XI, dengan sampel dari kelas XI-10, XI-11, dan XI-12. Metode yang digunakan
adalah mix method yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif
dengan desain penelitian The Explanatory Sequential. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik
role playing, terdapat peningkatan pada nilai post-test yang diberikan setelah
layanan. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok dengan teknik role
playing terbukti efektif terhadap penyesuaian diri siswa kelas XI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Role Playing, Penyesuaian Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 02 Jun 2025 05:05
Last Modified: 02 Jun 2025 05:05
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item
View Item