AI SITI NURJANAH, 19060073 (2024) PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (24kB)
![[thumbnail of lembar pengesahan.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
lembar pengesahan.pdf
Download (82kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (10kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (24kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (48kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (232kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (410kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (13kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (97kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode think talk write untuk
meningkatkan keterampilan menulis kalimat efektif siswa kelas IV SD dimulai
dari peningkatan serta kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran
berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran dengan
desain penelitian explanatory sequential design, di mana untuk menganalisis data
kuantitatif dalam penelitian ini berupa hasi belajar siswa sedangkan data untuk
menganalisis data kualitatif berupa hasil angket dan lembar observasi. Subjek
dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD dengan hasil penelitian menunjukkan
peningkatan keterampilan menulis kalimat efektif siswa dari hasil pretest dan
postest, dengan rata-rata 71.59% yang masuk dalam kategori tinggi. Kendala yang
dihadapi siswa adalah kurangnya kepercayaan diri dalam mengemukakan
pendapat, namun dapat diatasi dengan memberikan tanya jawab sebagai bentuk
latihan yang mendorong kemampuan berpikir. Kendala guru adalah dalam
pembuatan media pembelajaran karena membutuhkan waktu dan kreativitas,
namun respon guru terhadap metode ini secara keseluruhan positif. Solusi kendala
yang di hadapi guru adalah membuat media pembelajaran yang sederhana, cepat,
dan dapat diakses melalui referensi online untuk mempermudah penggunaannya
dalam pembelajaran menulis kalimat efektif siswa kelas IV. Jadi dapat
disimpulkan bahwa metode think talk write dapat meningkatkan keterampilan
menulis kalimat efektif siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Think Talk Write, Keterampilan Menulis Kalimat Efektif, Siswa Kelas IV |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:34 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:34 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/244 |