PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

AI SITI NURJANAH, 19060073 (2024) PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode think talk write untuk
meningkatkan keterampilan menulis kalimat efektif siswa kelas IV SD dimulai
dari peningkatan serta kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran
berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran dengan
desain penelitian explanatory sequential design, di mana untuk menganalisis data
kuantitatif dalam penelitian ini berupa hasi belajar siswa sedangkan data untuk
menganalisis data kualitatif berupa hasil angket dan lembar observasi. Subjek
dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD dengan hasil penelitian menunjukkan
peningkatan keterampilan menulis kalimat efektif siswa dari hasil pretest dan
postest, dengan rata-rata 71.59% yang masuk dalam kategori tinggi. Kendala yang
dihadapi siswa adalah kurangnya kepercayaan diri dalam mengemukakan
pendapat, namun dapat diatasi dengan memberikan tanya jawab sebagai bentuk
latihan yang mendorong kemampuan berpikir. Kendala guru adalah dalam
pembuatan media pembelajaran karena membutuhkan waktu dan kreativitas,
namun respon guru terhadap metode ini secara keseluruhan positif. Solusi kendala
yang di hadapi guru adalah membuat media pembelajaran yang sederhana, cepat,
dan dapat diakses melalui referensi online untuk mempermudah penggunaannya
dalam pembelajaran menulis kalimat efektif siswa kelas IV. Jadi dapat
disimpulkan bahwa metode think talk write dapat meningkatkan keterampilan
menulis kalimat efektif siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Think Talk Write, Keterampilan Menulis Kalimat Efektif, Siswa Kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:34
Last Modified: 23 Jun 2025 02:34
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item
View Item