Suwangsih, Euis (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTUAN MEDIA CONSTRUCT 2 SOFTWARE MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND PESERTA DIDIK SMP. Repository IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (30kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (46kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN .pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN .pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (203kB)
![[thumbnail of BAB 2.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Download (675kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (867kB)
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (127kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar dengan problem based learning berbantuan media construct 2 software, mengetahui respon guru dan peserta didik mengenai bahan ajar dengan problem based learning berbantuan media construct 2 software, mengetahui kendala apa saja yang dilalui saat pengembangan bahan ajar dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan mathematical habits of mind peserta didik yang menggunakan pembelajaran dengan problem based learning berbantuan media construct 2 software. Metode dalam penelitian adalah Research and Development (R n D), tahapan pengembangannya merujuk pada tahapan pengembangan dari Borg and Gall dengan uji terbatas, uji luas dan uji produk. Subjek penelitian pada uji terbatas yaitu 12 peserta didik SMPN 3 Rancabali. Pada uji luas terdiri dari 9 peserta didik dari SMPN 1 Rancabali dan 9 peserta didik dari SMPN 2 Rancabali. Pada uji produk sampel diambil dari SMPN 3 Rancabali sebanyak 27 peserta didik dri kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan sebanyak 27 peserta didik dari kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara untuk studi pendahuluan, validasi penilaian ahli ICT, validasi penilaian ahli materi, validasi kepraktisan dari peserta didik, validasi respon guru dan peserta didik terhadap bahan ajar, 5 butir tes berpikir kritis matematis dan 30 butir skala Mathematical Habits of Mind. Data hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis dan skala soft skill Mathematical Habits of Mind dianalisis menggunakan Microsoft Excel 365 dan software IBM SPSS Version 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan bahan ajar berbantuan software media construct 2 dengan problem based learning terlaksana dengan baik dan produk valid dan layak digunakan dalam pembelajaran, respon peserta didik dan guru sangat positif terhadap bahan ajar berbantuan software media construct 2 dengan problem based learning, kendala yang dihadapi dalam penelitian bisa dilalui dengan baik berdasarkan kritik dan saran yang membangun dari para responden. Peningkatan berpikir kritis dan mathematical habits of mind peserta didik yang menggunakan bahan ajar berbantuan software media construct 2 dengan problem based learning pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Penulis berharap bisa mengembbangkan media dan bahan ajar lebih baik lagi sehingga bisa digunakan dengan baik oleh pendidik dan peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, Prisma dan Limas, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Mathematical Habits of Mind, Problem Based Learning, media construct 2 software. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Sains > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 01 Jun 2025 01:02 |
Last Modified: | 01 Jun 2025 01:02 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/20 |