Salimah, Aenu (2024) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Repository IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf - Submitted Version
Download (55kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (338kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (164kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (67kB)
![[thumbnail of LEMBAR PERNYATAAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (404kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (453kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (96kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (90kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan berpikir kritis siswa masih kurang dipelajari dengan baik dan tergolong
rendah terutama pada pembelajaran IPA. Pembelajaran harus dapat memberikan
kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang
diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan penerapan model
discovery learning pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods. Mixed methods research design
(rancangan penelitian metode campuran) merupakan suatu prosedur dalam
mengumpulkan, menganalisis, dan “mencampur” metode kuantitatif dan kualitatif
dalam suatu penelitian atau serangkaian penelitian untuk memahami permasalahan
dalam penelitian. Pada penelitian ini desain yang digunakan yaitu the explanatory
sequential. Desain explanatory sequential merupakan cara pengumpulan data yang
diawali dengan pengumpulan data kuantitatif kemudian dilanjutkan pengumpulan data
kualitatif untuk membantu menganalisis data yang diperoleh secara kuantitatif,
sehingga hasil penelitian dengan desain ini bersifat menjelaskan suatu gambaran umum
(generalisasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Margaasih, yang
berjumlah 31 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian anak mampu berpikir kritis dengan perolehan skor rata
rata 73, 39. Data tersebut menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning
bila dilaksanakan secara optimal dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 31 May 2025 08:37 |
Last Modified: | 31 May 2025 08:38 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/19 |