PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Salimah, Aenu (2024) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Repository IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (55kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa masih kurang dipelajari dengan baik dan tergolong
rendah terutama pada pembelajaran IPA. Pembelajaran harus dapat memberikan
kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang
diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan penerapan model
discovery learning pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods. Mixed methods research design
(rancangan penelitian metode campuran) merupakan suatu prosedur dalam
mengumpulkan, menganalisis, dan “mencampur” metode kuantitatif dan kualitatif
dalam suatu penelitian atau serangkaian penelitian untuk memahami permasalahan
dalam penelitian. Pada penelitian ini desain yang digunakan yaitu the explanatory
sequential. Desain explanatory sequential merupakan cara pengumpulan data yang
diawali dengan pengumpulan data kuantitatif kemudian dilanjutkan pengumpulan data
kualitatif untuk membantu menganalisis data yang diperoleh secara kuantitatif,
sehingga hasil penelitian dengan desain ini bersifat menjelaskan suatu gambaran umum
(generalisasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Margaasih, yang
berjumlah 31 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian anak mampu berpikir kritis dengan perolehan skor rata
rata 73, 39. Data tersebut menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning
bila dilaksanakan secara optimal dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 31 May 2025 08:37
Last Modified: 31 May 2025 08:38
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item
View Item