PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI NUSSA DAN RARA UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI

GITA NISA SOLIHAT, 20070056 (2024) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI NUSSA DAN RARA UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI. UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran anak di kelas saat ini
adalah krisisnya rasa percaya diri. Rasa percaya diri sendiri sangat mempengaruhi
perkataan dan tindakan seseorang juga dapat menentukan kesehatan mental dan
membekali anak dalam menghadapi masa depan. Oleh sebab itu, peneliti
menggunakan media video animasi Nussa dan Rara sebagai acuan pembelajaran
yang menarik untuk dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Penelitian
ini juga dilakukan untuk mengetahui efektivitas peningkatan kemampuan percaya
diri anak sebelum dan sesudah diterapkannya metode pembelejaran dengan media
video animasi Nussa dan Rara. Lalu tidak lupa Kendala apa yang dihadapi oleh
guru dan anak saat melaksanakan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah adalah Mix Methode dengan desain penelitian Sequential
Explanatory Design. Tahap pertama yang dilakukan yaitu mengumpulkan data
kuantitatif kemudian mengumpulkan data kualitatif. Subjek dalam penelitian
adalah anak usia 5-6 tahun di SPS Puspa Mekar. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa adanya peningkatan kemampuan percaya diri anak dan ketuntasan belajar
anak melalui video animasi Nussa dan Rara dengan rata-rata, yaitu 96,25%
termasuk kategori sangat efektif. Itu sudah cukup menunjukkan bahwa anak
merespon dengan baik dan penuh antusiasme dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran melalui media video animasi Nussa dan Rara hingga mendapatkan
hasil yang sangat baik yaitu mencapai 100%.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi Nussa Dan Rara, Rasa Percaya Diri, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:30
Last Modified: 13 Jun 2025 02:30
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item
View Item