EFEKTIVITAS APLIKASI LET’S READ DALAM PENINGKATKAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN

ELINA ANGGRAENI, 20070049 (2024) EFEKTIVITAS APLIKASI LET’S READ DALAM PENINGKATKAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (668kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan literasi anak tidak dapat berkembang dengan baik jika tidak
didukung stimulus yang dapat memicu minat. Untuk meningkatkan minat
belajar anak perlu adanya media pembelajaran yang menarik salah satunya
dengan media aplikasi Let’s Read. Faktor penyebab kurangnya minat
belajar ini dikarenakan media pembelajaran yang digunakan di sekolah
kurang berinovasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui
efektifitas Let’s Read terhadap peningkatan literasi anak usia 5-6 tahun
dilihat dari peningkatan literasi, ketuntasan belajar, peningkatan aktivitas
belajar anak, 2) Untuk mengetahui penerapan Let’s Read anak usia 5-6
tahun di Kober Annahjul Qowwim Assalamah dalam meningkatkan literasi,
3) Untuk mengetahui Kendala apa yang dihadapi oleh guru Kober Annahjul
Qowwim Assalamah dalam melaksanakan pembelajaran dengan
menggunakan Let’s Read Asia. Metode penelitianmenggunakan mixed
Methods dengan desain explanatori sequential design. Subjek dalam
penelitian ini adalah satu guru pembimbing anak kelompok B, dan anak yag
berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
obsevasi angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan yaitu menggunakan rumusan kategori efektivitas dan diolah
dengan menggunakan Microsoft excel 365 dan menggunakan deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Penggunaan aplikasi Let’s Read
sangat efektif digunakan untuk meningkatka literasi anak kelompok B di
Kober Annahjul Qowwim Assalamah, adapun hasil penilaian rata-rata data
posttest 31,4. Sehingga menunjukan hasil bahwa penggunaan aplikasi Let’s
Read sangat efektif digunakan untuk meningkatkan literasi pada anak
kelompok B Kober Annahjul Qowwim Assalamah. 2) Pada proses
penggunaan aplikasi Let’s Read dalam pembelajaran anak dilakukan dengan
kegiatan perencaan, pelaksanaan dan evaluasi. 3) Kendala yang dihadapi
guru yaitu keterbatasan paket data dan belum tersedianya wifi di lembaga,
kendala yang dihadapi anak yaitu keterbatasan kosakata sehingga sulit
memahami isi cerita dan kurang fokus saat dibacakan cerita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Let’s Read, kemampuan literasi, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 12 Jun 2025 08:15
Last Modified: 12 Jun 2025 08:15
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item
View Item