MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN REPRESENTASI SERTA ISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING CONTEXTUAL

RIFAATUL MAHMUDAH, 17102011 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN REPRESENTASI SERTA ISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING CONTEXTUAL. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.jpg] Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (71kB)
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN.jpg] Image
SURAT PERNYATAAN.jpg

Download (83kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMP yang Pembelajarannya menggunakan pendekatan problem based learning contextual lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan problem based learning saja. (2) Pencapaian dan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem based learning contextual lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan problem based learning saja. (3) Disposisi matematis siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem based learning contextual lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan problem based learning saja. (4) Terdapat asosiai antara pendekatan koneksi dan representasi, koneksi dan disposisi, representasi dan disposisi. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP PGRI Cikembar. Secara acak, dipilih dua kelas sebagai subyek penelitian. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan problem based learning contextual dan kelas kontrol menggunakan pendekatan problem based learning saja. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan koneksi, tes kemampuan representasi matematis dan skala disposisi. Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Secara keseluruhan siswa yang menggunakan pendekatan problem based learning contextual rata-rata peningkatan koneksi matematis lebih baik dibanding dengan menggunakan pendekatan problem based learning saja. (2) Secara keseluruhan siswa yang menggunakan pendekatan problem based learning contextual rata-rata peningkatan representasi matematis lebih baik dibanding dengan menggunakan pendekatan problem based learning saja. (3) Aktivitas siswa menggunakan pendekatan problem based learning contextual lebih baik dibanding dengan menggunakan pendekatan problem based learning saja. (4) Proses Penyelesaian masalah siswa yang menggunakan pendekatan problem based learning contextual lebih bervariasi dan sistematis berdasarkan indikator kemampuan koneksi dan representasi matematis dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pendekatan problem based learning saja. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan pendekatan problem based learning contextual dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan representasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Kemampuan Representasi Matematis, Disposisi Matematis, Pendekatan Problem Based Learning, dan Contextual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:13
Last Modified: 11 Jun 2025 07:13
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item
View Item