RIFAATUL MAHMUDAH, 17102011 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN REPRESENTASI SERTA ISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING CONTEXTUAL. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Cover.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf
Download (53kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.jpg]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/image.png)
LEMBAR PENGESAHAN.jpg
Download (71kB)
![[thumbnail of SURAT PERNYATAAN.jpg]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/image.png)
SURAT PERNYATAAN.jpg
Download (83kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (147kB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (301kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (260kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (263kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMP yang Pembelajarannya menggunakan pendekatan problem based learning contextual lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan problem based learning saja. (2) Pencapaian dan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem based learning contextual lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan problem based learning saja. (3) Disposisi matematis siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem based learning contextual lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan problem based learning saja. (4) Terdapat asosiai antara pendekatan koneksi dan representasi, koneksi dan disposisi, representasi dan disposisi. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP PGRI Cikembar. Secara acak, dipilih dua kelas sebagai subyek penelitian. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan problem based learning contextual dan kelas kontrol menggunakan pendekatan problem based learning saja. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan koneksi, tes kemampuan representasi matematis dan skala disposisi. Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Secara keseluruhan siswa yang menggunakan pendekatan problem based learning contextual rata-rata peningkatan koneksi matematis lebih baik dibanding dengan menggunakan pendekatan problem based learning saja. (2) Secara keseluruhan siswa yang menggunakan pendekatan problem based learning contextual rata-rata peningkatan representasi matematis lebih baik dibanding dengan menggunakan pendekatan problem based learning saja. (3) Aktivitas siswa menggunakan pendekatan problem based learning contextual lebih baik dibanding dengan menggunakan pendekatan problem based learning saja. (4) Proses Penyelesaian masalah siswa yang menggunakan pendekatan problem based learning contextual lebih bervariasi dan sistematis berdasarkan indikator kemampuan koneksi dan representasi matematis dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pendekatan problem based learning saja. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan pendekatan problem based learning contextual dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan representasi matematis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Koneksi Matematis, Kemampuan Representasi Matematis, Disposisi Matematis, Pendekatan Problem Based Learning, dan Contextual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Haidar Zein |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 07:13 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 07:13 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/131 |