PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI OPERASI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMPKELAS VII

MONA MARTHALITA, 18510035 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI OPERASI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMPKELAS VII. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (827kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengembangan bahan ajar menggunakan
model Discovery Learning, untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik, karena dewasa ini High Order Thingking Skill sangat
dibutuhkan untuk masing-masing pesera didik, adapun secara terperinci maksud
dari penelitian ini menelaah, hasil dan proses pengembangan, uji kelayakan,
respon peserta didik dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian Research and
Development (R&D) atau Research-based Development, yaitu metode penelitian
yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan menguji kelayakan
produk tersebut dengan model 4D yaitu Define, Design, Development and
Dissminate yang di kembangkan oleh S. Thiagarajan, adapun sampel penelitan
yang diambil adalah MTs Al Bidayah Kabupaten Bandung Barat siswa kelas VII
Proses dan hasil pengembangan produk bahan ajar memberikan kesimpulan
bahwa bahan ajar dilihat dari tahapan yang dilakukan sudah sesuai dengan metode
atau langkah-langkah menurut 4D, Kelayakan dari bahan ajar berbantuan aplikasi
photoshop memberikan kesimpulan bahwa produk serta materi yang
dikembangkan memiliki kelayakan Cukup Baik, dari respon peserta didik
mendapat 68,4% dan 70,2% kategori baik, serta kemampuan pemecahan masalah
yang meningkat Pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar ini memerlukan
fasillitas yang memadai pada proses pembelajaran, dengan begitu apabila
diterapkan dikelas perlu menyiapkan lebih dulu fasilitas yang diperlukan. Bahan
ajar ini memiliki materi serta tantangan yang harus diubah kembali tampilannya
agar tidak monoton dan membosankan bagi siswa dalam melakukan proses
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Sains > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 11 Jun 2025 02:49
Last Modified: 11 Jun 2025 02:49
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item
View Item