Janah, S. N. M (2023). Pengembangan Bahan Ajar Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Media Animaker Untuk Keterampilan Menulis Siswa Kelas X SMK. Penggunaan bahan ajar yang masih berupa buku paket, modul dan teks membuat siswa cenderung bosan atau tidak tertarik mengikuti pembelajaran karena bahan ajar yang monoton sehingga menjadi suatu permasalaha…
Penelitian ini berfokus pada pengembangan bahan ajar berbantuan aplikasi canva dengan penggunaan model discovery learning terhadap upaya peningkatan keterampilan menulis fabel dengan = 1. mendeskripsikan proses bahan ajar berbantuan aplikasi canva, 2. mendeskripsikan hasil kelayakan bahan ajar, 3. mendeskripsikan respon siswa terhadap bahan ajar, dan 4. mendeskripsikan hasil keterampilan menuli…
Kelayakan bahan ajar memperoleh rata-rata 82% dengan kriteria "Sangat Layak". Respon siswa mencapai 83% pada uji coba terbatas dan 80% pada uji coba kriteria "Sangat Baik". Hasil menulis siswa pada uji terbatas memperoleh rata-rata 77 sedangkan pada uji luar memperoleh 79. Dapat disimpulkan siswa mencapai KKM yang ditetapkan.
Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan metode mind mapping berbantuan audio visual youtube dapat terlaksana
Terdapat peningkatan pada penggunaan model picture and picture dalam keterampilan menulis cerita pada siswa kelas II SD.
Hasil observasi guru dan siswa memperoleh 96% dengan kriteria sangat baik, hasil respon siswa rata-rata 89,4% termasuk kategori sangat baik, kesulitan siswa terdapat pada kaidah kebahasaan teks persuasi
Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran menulis teks cerita pendek (cerpen) berbasis pendekatan metakognitif bagi siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model pengembangan Sugiyono. Prosedur penelitian menggunakan tahapan berikut: 1) potensi masalah, 2) mengumpulkan informasi dan studi literatur, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5). perb…
Penelitian ini meneliti tentang penerapan model pembelajaran kontekstual. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa sekolah dasar kelas tinggi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang dialami oleh siswa dalam menulis karangan deskripsi. Penelitian ini …